Text
OPTIMALISASI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI MA SUMBER BUNGUR PAKONG PAMEKASAN
ABSTRAK
Lailia Rohmatika, 2020, Optimalisasi Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan, Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Prodi Tadris Bahasa Indonesia, IAIN Madura, Dosen Pembimbing : Dr. Edi Susanto. M.Fil.I
Kata Kunci: Media Audio Visual dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam dunia pendidikan media pembelajaran merupakan hal
yang penting dalam proses belajar mengajar, karena ketidak jelasan materi yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Sehingga perlu adanya optimalisasi media pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penenlitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana optimalisasi media audio visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas XI MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan; kedua, Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam optimalisasi media audio visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas XI MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan; ketiga, Upaya apa saja yang dilakukan dalam menghadapi hambatan dalam optimalisasi media audio visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas XI MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru bahasa Indonesia, dan Siswa kelas XI. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi non partisipatif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Serta pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti, dan triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pengoptimalisasian media audio visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan tidak lepas dengan adanya peran guru ataupun kompetensi dalam menjalankan dan memanfaatkan media pembelajaran, seperti media audio visual yang bervariasi serta lengkapnya fasilitas sarana dan juga prasarana menjadi hal yang sangat penting dalam menjalankan pengoptimalisasian. Kedua, faktor yang menjadi pendukung dalam optimalisasi media audio visual yaitu lengkapnya fasilitas yang dibutuhkan, seperti LCD Proyektor, laptop, sound sistem serta adanya respon positif dari siswa dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya, adanya peralatan yang rusak serta seringnya mati listrik secara mendadak. Ketiga, upaya yang dilakukan dalam mengatasi adanya hambatan dalam pengoptimalisasian media audio
visual diantaranya: jika ada peralatan yang rusak maka pihak yang bertugas akan memperbaiki atau terkadang akan menukar kelas dengan kelas sebelah yang bisa menggunakan media audio visual, jika terjadi mati listrik secara mendadak maka pembelajaran akan dilanjutkan pada pertemuan berikutnya sehingga pembelajaran akan tetap berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain