Text
PELAKSANAAN TEKNIK SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN ADMINISTRASI GURU DI MTs MIFTAHUL QULUB POLAGAN GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Ghilman Afifuddin, 2020, Pelaksanaan Teknik Supervisi Kunjungna Kelas Untuk
Meningkatkan Administrasi Guru di MTs Miftahul Qulub Polagan Galis, Skripsi,
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Dr. H. Atiqullah, M.Pd
Kata Kunci : Supervisi Kunjungan Kelas, Administrasi Guru
Dalam rangka memperbaiki mutu pendidikan di dalam kelas dimulai dengan
adanya guru pengajar yang professional. Dimana seorang guru menjadi pedoman
penting dalam proses pembelajaran yang berlangsung selama di dalam kelas.
Guru mempunyai tanggung jawab penuh terhadap berkembangnya kualitas
pendidikan siswa. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengembangkan kinerja
guru dalam meningkatkan administrasi pembelajarannya dibutuhkan kegiatan
pelaksanaan supervise kunjungan kelas.
Maka terdapat 3 permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian
ini, yaitu: pertama, bagaimana pelaksanaan supervisi kunjungan kelas untuk
meningkatkan administrasi guru di MTs Miftahul Qulub Polagan Galis
Pamekasan: kedua, apasaja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan
supervisi kunjungan kelas untuk meningkatkan administrasi guru di MTs Miftahul
Qulub Polagan Galis Pamekasan: ketiga, upaya kepala madrasah menghadapi
hambatan pelaksanaan supervise kunjungan kelas untuk meningkatkan
administrasi guru di MTs Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Dengan menjadikan kepala madrasah dan guru sebagai informan
dalam memperoleh data. Analisis data dalam penelitian ini reduksi, data display
(penyajian data), dan conclusion drawing (penarikan kesimpulan). Adapun tahaptahap dalam penelitian ini adalah pralapangan, penelitian, dan pelaporan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, pelaksanaan supervise
kunjungan kelas untuk meningkatkan administrasi guru di MTs Miftahul Qulub
Polagan Galis Pamekasan dilakukan dengan adanya pemeriksaan berkas
administrasi pembelajaran guru, adanya kunjungan kelas yang dilakukan oleh
kepala madrasah. Kedua, Faktor pendukung pelaksanaan supervise kunjungan
kelas dalam meningkatkan administrasi guru berupa adanya motivasi dari kepala
madrasah yang akan mempengaruhi guru, adanya kesiapan guru untuk disupervisi,
adanya kelengkapan administrasi pembelajaran guru. Sedangkan faktor
penghambatnya yaitu seperti adanya sarana media pembelajaran yang kurang
lengkap, adanya keterbasan waktu dari kepala madrasah, adanya guru yang masih
kurang siap dengan adanya kegiatan supervise kunjungan kelas. Ketiga, Upaya
kepala madrasah dalam menghadapi hambatan pelaksanaan supervise kunjungan
kelas berupa madrasah harus memfasilitasi sarana dan prasaran media
pembelajaran, guru harus selalu mempersiapkan kelengkapan administrasi
pembelajaran, dan kepala madrasah meminta bantuan kepada guru-guru senior
untuk melakukan supervisi.
Tidak tersedia versi lain