Text
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS 4 MI NURUL HIKMAH DESA POTOAN DAYA PALENGAAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Nuruttamam, 2020.Judul: “Implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas 4 MI Nurul Hikmah Desa Potoan Daya Palengaan Pamekasan”. Skripsi Program Studi Tadris bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing Dr.Usman, M. Pd. I
Kata Kunci: Implementasi Kurikulum 2013, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya Implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas 4 MI Nurul Hikmah Desa Potoan Daya Palengaan Pamekasan. Maksud judul ini adalah penelitian tentang usaha-usaha yang dilakukan guru dalam implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia dalam meningkatkan minat dari aktivitas dalam belajar siswa kelas 4 MI Nurul Hikmah Desa Potoan Daya Palengaan Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif jenis penelitian fenomenologi dengan tekhnik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif. Tekhnik ini digunakan sebagai acuan penulisan hasil penelitian dan mempermudah dalam memahami deskripsi yang disajikan sebagai hasil akhir dari penelitian sehingga dapat memberikan pemahaman tentang (1) Implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas 4 MI Nurul Hikmah Desa Potoan Daya Palengaan Pamekasan. (2) respon siswa tentang implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas 4 MI Nurul Hikmah Desa Potoan Daya Palengaan Pamekasan.
Hasil penelitian ini, 1. Implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas 4 MI Nurul Hikmah,.telah mampu merubah cara belajar siswa kelas 4. Guru membuat pelajaran yang menarik sehingga siswa menjadi aktif dan kreatif agar proses belajar tidak menoton. 2. Respon siswa terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dapat dikatakan lebih baik dengan penggunaan metode, media menarik dalam pelajaran. Hal ini dapat dilihat dari tingkah laku siswa pada saat pembelajaran dan dapat dilihat dari penilaian harian (PH) dan penilaian tengah semester (PTS) siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia.
Dari hasil diatas, disarankan, kepada guru untuk terus meningkatkan kualitas dan kreatifitas dalam implementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia demi lancarnya proses pembelajaran, dan untuk siswa agar selalu belajar dengan giat dan lebih aktif lagi dalam pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain