Text
STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASIBELAJAR SISWA DI MTs NEGERI 3 PAMEKASAN
ABSTRAK
Ahmad Dhani Juniardiansyah, 2020, Strategi Kepala Madrasah Dalam
Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa di Mts Negeri 3 Pamekasan, Skripsi,
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura,
Pembimbing :. Dr. H. Moh. Muchlis Solichin, M.Ag
Kata Kunci :Strategi Kepala Madrasah, Motivasi Belajar Siswa
Pendidikan merupakan rangkaian kegiatan komunikasi antar manusia yang
dilaksanakan dalam bentuk proses belajar mengajar. Dalam proses belajar
mengajar diharapkan siswa dapat memahami suatu pengetahuan untuk
pengembangan ide dan gagasan dalam menyelesaikan permasalahan hidupnya.
Pendidikan juga merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan, ini berarti
bahwa setiap manusia berhak mendapat dan berharap untuk selalu berkembang
dalam pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan baik secara kualitatif maupun
kuantitatif harus dilakukan secara terus menerus, sehingga pendidikan dapat
digunakan sebagai wahana dalam membangun watak bangsa dirinya, masyarakat,
bangsa dan negara. Pendidikan sangat berpengaruh dalam dalam diri peserta didik
untuk mengembangkan potensi yang dimiliki sehingga orang tua berkewajiban
untuk menyekolahkan anaknya hingga jenjang yang lebih tinggi.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalah, yaitu Bagaimana
strategi kepala madrasah dalam mengembangkan motivasi belajar siswa di MTs
Negeri 3 Pamekasan, 2. Apa faktor pendukung dan penghambat motivasi belajar
siswa di MTs Negeri 3 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, karena di
dalam penelitian ini lebih menekankan kepada makna, gambaran, keadaan dan
proses daripada hasil dari suatu aktivitas. Adapun untuk memperoleh data dalam
penelitian ini, penulis menggunakan beberapa prosedur antara lain wawancara.
Wawancara dilakukan secara langsung (face to face) maupun menggunakan
pesawat telepon. Sedangkan dokumentasi berupa data tentang profil MTs Negeri
3 Pamekasan, sarana prasarana, keadaan siswa, guru, dan karyawan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bentuk strategi yang telah
direncanakan dan dilaksanakan kepala madrasah membawa hasil seperti Motivasi
siswa untuk mengikuti bimbingan belajar semakin tinggi, Perkembangan siswa
yang menjadi aktif di dalam kelas, Motivasi belajar siswa semakin tinggi, Hasil
dari nilai siswa meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.
Tidak tersedia versi lain