Text
OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH ALIYAH BUSTANUL ULUM PAKAMBAN DAYA SUMENEP
ABSTRAK
Nor Khalish, 2020, Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran
Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Pakamban Daya
Sumenep, Skripsi, Program Studi Tadris bahasa Indonesia (TBIN), Jurusan
Tarbiyah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing Moh.
Hafid Effendy, M.Pd.
Kata Kunci : Optimalisasi, Media Pembelajaran, Bahasa Indonesia
Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia bukan hanya
membelajarkan mengenai keterampilan berbahasa saja, akan tetapi juga
menumbuhkan karakter siswa. Hal itu juga dapat dapat mengembangkan
karakter dan kemampuan berpikir kritis. Kemampuan siswa berpikir kritis
sangat diperlukan untuk membuka wawasan dan dapat bermanfaat baik di
bidang sosial, budaya, maupun teknologi. Di era globalisasi sekarang ini
perkembangan teknologi dapat memotivasi guru dalam mengajarkan
menyampaikan materi pembelajaran secara interaktif. Sebagai guru,
dibutuhkan kreatifitas dalam menggunakan teknologi, diantaranya
penggunaan media pembelajaran interaktif. Dalam upaya memperbaiki
proses pembelajaran agar efektif dan fungsional, maka media interaktif
pembelajaran sangat penting untuk dimanfaatkan. Pemakaian media dalam
proses pembelajaran dimaksudkan untuk mempertinggi daya cerna siswa
terhadap informasi atau materi pembelajaran yang diberikan.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana optimalisasi
penggunaan media pembelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah
Bustanul Ulum Pakamban Daya Sumenep. Hal-hal yang menjadi fokus
penelitian ini adalah optimalisasi penggunaan media pembelajaran bahasa
indonesia, faktor pendukung dan penghambat dalam proses optimalisasi
serta bagaimana upaya guru dalam mengatasi faktor-faktor tersebut.59
Metode analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif
kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik
observasi, wawancara serta dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses optimalisasi
penggunaan media pembelajaran tersebut betul-betul mempermudah siswa
dalam memahami pelajaran, sehingga siswa bisa menjawab soal yang
diberikan gurunya dengan sempurna, selain dari itu hal-hal yang menjadi
faktor penghambat dan pendukung dalam proses optimalisasi ialah
ketersediaan media serta kurangnya guru dalam memahami atau
menggunaan media itu sendiri, sedangkan dari pihak sekolah sudah
banyak mendukung lewat menyediakan media yang dibutuhkan meski
hanya beberapa, kemudian solusi guru dalam mengatasi hal tersebut ialah
dengan cara benar-benar memanfaatkan media seadanya tersebut, serta
menyediakan media sendiri sekreatif mungkin dengan bahan atau alat
sekitar, seperti tanaman, kertas, buku dan lain sebagainya, sehingga guru
dapat menjelaskan dengan mudah dan begitupun siswa bisa memahami hal
tersebut dengan baik.
Tidak tersedia versi lain