Text
IMPLEMENTASI METODE DEMONTRASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH TSANAWIYAH AZ-ZUBAIR KELAS VII LARANGAN TOKOL PAMEKASAN
ABSTRAK
R.A Safinatunnajah, 2020, Inmplementasi Metode Demonstasi dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia di MTs Az-Zubair kelas VII Larangan Tokol
Pamekasan, Skripsi, Program Studi TBIN, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura,
Pemimbing: Moh. Hafid Effendy, M.Pd.
Kata Kunci: Implementasi, Metode demonstrasi, Pembelajaran.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapat beberapa masalah yang
terjadi mengenai implementasi metode demonstrasi yang kini dengan penerapan
metode demontrasi hasilnya lebih efektif dibandingkan menerapkan metode yang
sebelumnya, meski hasilnya efektif ada juga faktor penghambatnya, tetepi juga
ada faktor pendukungnya.
Berdasarkan hal tersebut, maka fokus dari penelitian ini, yaitu pertama,
bagaimanaimplementasi metode demonstrasi pada tahap awal, inti kegiatan, dan
penutup dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Tsanawiyah AzZubair kelas VII larangan Tokol Pamekasan; kedua,Faktor penghambat dan
pendukung dalam Implementasi Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Bahasa
Indonesia di Madrasah Tsanawiyah Az-Zubair kelas VII larangan tokol
Pamekasan; ketiga, bagaimana solusi guru dalam mengatasi penghambat dalam
Implementasi Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di
Madrasah Tsanawiyah Az-Zubair kelas VII larangan tokol Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informannya adalah guru bahasa indonesia dan sebagian siswa kelas VII.
Sedangkah pengecekan kebsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan,
uraian rinci, dan tringulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Pertama,Implementasi Metode
Demonstrasi pada tahap awal, inti kegiatan,dan penutup dalam Pembelajaran
Bahasa Indonesia di Madrasah Tsanawiyah Az-Zubair Kelas VII Larangan Tokol
Pamekasan yaitu hasilnya efektif. Dalam pelaksanaan metode demonstrasi
memiliki beberpa tahap yaitu 1) Mempersiapkan RPP untuk menjelaskan urutanurutan dalam pembelajaran. 2) Persiapan dengan mengkaji kesesuain metode
terhadap tujuan yang akan dicapai. 3) Pelaksaan dengan memperagakan tindakan,
proses atau prosedur yag disertai penjelasan, ilustrasi dan pertanyaan. 4) Tindak
lanjut pemakain metode demonstrasi dengan memberikan kesempatan kepada
siswa untuk metode melakukan segala hal yang telah didemonstrasikan;
kedua,Adapun Faktor penghambat dan pendukung dalam Implementasi Metode
Demonstrasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Tsanawiyah AzZubair kelas VII larangan tokol Pamekasan, diantara faktor penghambatnya
yaitusiswa sulit untuk memulai maju kedepan untuk memperagakan, guru harus
memanggil nama siswa itu baru dia mau maju,tidak dengan kesadaran diri sendiri
untuk maju kedepan memperagakan di depan kelas. Belum ada kesadaran diri dari
siswa itu gara-gara malu, seperti mendemonstrasikan praktek membaca puisi di
depan teman-temannya itu masih malu.Dan hal-hal yang mendukung guru pada
saat menggunakan metode demonstrasi yaitu siswa yang lain atau teman yang lain
bisa fokus ketika salah satu siswa atau temannya itu saya suruh maju kedepanvi
untuk mendemonstrasikan sesuatu, dan siswa suka metode demontrasi karena
dengan metode tersebut saya lebih aktif dalam pelajaran tersebut; ketiga,Solusi
guru dalam mengatasi penghambat dalam Implementasi Metode Demonstrasi
dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Tsanawiyah Az-Zubair kelas
VII larangan tokol Pamekasan, Guru selalu memberikan motivasi kepada siswa
agar tetap berani maju kedapan, dan guru terlebih dahulu memilih siswa yang
sudah cukup berani maju kedepan untuk mempraktekan apa yang sudah guru
jelaskan guru tunjuk salahsatu siswa untuk menemani praktek pembelajaran
kedepan, karena dengan begitu siswa yang merasa malu akan sedikit lebih berani
jika sudah bersama temannya.dan bagi siswa yang masih merasa malu-malu untuk
maju kedepan.
Tidak tersedia versi lain