Text
MANAJEMEN PENGEMBANGAN SOFT SKILL SISWA BERBASIS MINAT DAN BAKAT DI MTs NEGERI 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Moh. Surya Haris Firdaus, 2020. Manajeman Pengembangan Soft Skill Siswa Berbasis Minat Dan Bakat Di MTs Negeri 1 Pamekasan. Tugas Akhir. ProdiManajemen Pendidikan Islam (MPI). Jurusan Tarbiyah. Institut Agama Islam Negeri Madura. Pembimbing: Dr. Abd Mukid M.Pd.
Kata Kunci : Manajemen Pengembangan soft skill, minat bakat Siswa.
Manajemen pegembembangan Soft Skill adalah kemampuan dalam mengelola hubungan dengan orang lain (interpersonal skill) dan mengatur mengelola diri sendiri (intrapersonal skill). Sedangkan cara mengembangkan Soft Skill dapat dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pembimbingan di lembaga kerja dapat memprogram Soft Skill dengan diri sendiri atau menjadi salah satu bagian materi dalam program pelatihan.
Berdasarkan hal tersebut peneliti menfokuskan pada tiga masalah, Pertama, bagaimana manajemen pegembangan Soft Skill siswa berbasis minat dan bakat siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan? Kedua, bagaimana faktor pendukung dan penghambat pengembangan Soft Skill siswa berbasis minat dan bakat siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan? Ketiga, bagaimana hasil pengembangan Soft Skill siswa berbasis minat dan bakat siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis deskriptif. Dan sumber data yang diperoleh melalui wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Informasinya adalah wakil ketua kesiswaan, kepala sekolah, guru pembina Ekstrakurikuler, guru dan sebagian siswa yang dapat memberikan informasi terkait minat dan bakat siswa.
Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: Pertama, dalam manajemen pegembangan Soft Skill siswa berbasis minat dan bakat siswa dengan cara perencanaan dari penerimaan siswa baru mengadakan tes kepada calon siswa sebagai pemetaan minat dan bakat siswa , pengelompokan yang dilakukan oleh waka kesiswaan, pelaksanaan sebagaimana apakah sesuai dengan yang direncanakan terhadap minat dan bakat siswa, dan pemetaan yang sesuai potensi tes lalu dikelompokkan berdasarkan minat dan bakat siswa.serta mengadakan evaluasi kekurangan dan kelebihan kegiatan ektrakurikuler. Kedua, faktor pendukung dan penghambat pengembangan Soft Skill siswa berbasis minat dan bakat siswa faktor pendukung yaitu dukungan dari masyarakat, fasilitas madrasah, dan semua steckholder di madrasah mendukung terhadap semua yang direncanakan, sedangkan faktor penghambat siswa kurang komitmen, waktu yang tidak sesuai dengan rencana, fasilitas kendaraan yang kurang memadai sehingga siswa terhalang dengan jarak. Ketiga, pegembangan Soft Skill siswa berbasis minat dan bakat siswa yaitu semua siswa dilibatkan dengan lomba perseni, dilakukan pembinaan secara intensif,
Tidak tersedia versi lain