Text
PENGARUH KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SMK AL-HUDA SUMBERNANGKA LARANGAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Anisah Fitriana, 2020, Pengaruh Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling
terhadap Kedisiplinan Siswa MA Al-Huda Sumbernangka Larangan
Pamekasan, Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
(BKPI), Jurusan Tarbiyah, Pembimbing Drs. H. Syaiful Arif, M. Pd.
Kata Kunci : Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling, Kedisiplinan Siswa
Kinerja guru bimbingan dan konseling merupakan perilaku atau respon
yang dampaknya akan memberikan hasil sesuai dengan tujuannya terhadap siswa
yaitu memberikan bimbingan dan pelayanan, membantu semua permasalahan,
perkembangan siswa baik dalam bidang pribadi, sosial, belajar dan karier. Dengan
demikian akan menunjukkan hasil yang maksimal sesuai dengan kebutuhan siswa.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah pertama, Adakah
pengaruh yang signifikan kinerja guru BK terhadap kedisiplinan siswa di SMK
Al-Huda Sumbernangka Larangan Pamekasan? Kedua, Seberapa besar pengaruh
kinerja guru BK terhadap kedisiplinan siswa di SMK Al-Huda Sumbernangka
Larangan Pamekasan?
Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Lokasi
penelitian dalam penelitian ini yaitu Lembaga MA AL-Huda Sumbernangka
Larangan Pamekasan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer berupa
angket dan data sekunder berupa dokumen. Tehnik pengumpulan data terdiri dari
kuesioner, pengamatan, dan dokumentasi. Untuk proses analisi data menggunakan
analisis regresi linier sederhana dengan kinerja guru bimbingan dan konseling
sebagai variabel bebas dan kedisiplinan siswa sebagai variabel terikat.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, penelitian
menunjukkan Bahwa dalam pembahasan ini ada pengaruh yang signifikan antara
kinerja guru bimbingan dan konseling terhadap kedisiplinan siswa di MA AlHuda Sumbernangka Larangan Pamekasan, sesuai dengan hasil perhitungan nilai r
product moment untuk N=64 apabila dikonsultasikan pada tabel nilai r product
moment dengan taraf signif 95 % sebesar 0,207 dan 99 % sebesar 0,290. Dengan
demikian hipotesis alternatif yang penulis ajukan adalah hipotesis kerja (ha) yaitu,
adanya pengaruh kinerja guru bimbingan dan konseling terhadap kedisiplinan
siswa di SMK Al-Huda Sumbernangka Larangan Pamekasan adalah diterima
karena nilai "r" hitung (0,556) lebih tinggi dari "r" tabel =0,290.
Sedangkan besarnya pengaruh kinerja guru bimbingan dan konseling
terhadap kedisiplinan siswa di MA. Al-Huda Sumbernangka Larangan
Pamekasan. terlebih dahulu nilai "r" hitung sebesar 0,556 di interpretasikan
dengan tabel nilai "r", diketahui bahwa "r" hitung dengan tabel interpretasi di atas,
maka memperoleh hasil "r" kerja (0,556) bergerak antara 0,400 - 0,600 "Agak
Rendah". Oleh karena itu, maka pengaruh kinerja guru bimbingan dan konseling
terhadap kedisiplinan siswa di SMK Al-Huda Larangan Pamekasan "Agak
Rendah", maka hipotesisnya dalam skripsi ini diterima.
Tidak tersedia versi lain