Text
VARIASI BAHASA IDIOLEK PADA SISWA KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MTS. SUNAN KALIJAGA MORPENANG LARANGAN LUAR PAMEKASAN
ABSTRAK
Aldy Nanda Pratama, 2020, Variasi Bahasa Idiolek pada Siswa Kelas VIII dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia di MTs. Sunan Kalijaga Morpenang Larangan
Luar Pamekasan, Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa indonesia, Fakultas
Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Moh. Hafid Effendy, M.Pd
Kata Kunci :Variasi Bahasa Idiolek, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keragaman idiolek dari masingmasing siswa di kelas VIII MTs. Sunan Kalijaga dalam pembelajaran bahasa
Indonesia. Setiap siswa tentunya memiliki warna suara yang berbeda dan tentunya
bersifat unik karena memiliki ketidaksamaan antara siswa satu ke siswa yang lain
dalam bertutur.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok pada penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana wujud variasi bahasa idiolek
pada siswa kelas VIII dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MTs. Sunan
kalijaga Morpenang larangan luar, kedua, bagaimana faktor-faktor penyebab
terjadinya variasi bahasa idiolek pada siswa kelas VIII dalam pebelajaran bahasa
indonesia di MTs. Sunan kalijaga Moorpenang larangan luar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif,
yakni menjelaskan tuturan idiolek masing-masing siswa. Sumber data diperoleh
dari tuturan siswa kelas VIII MTs. Sunan Kalijaga Morpenang Larangan Luar
dengan menggunakan metode simak dengan teknis simak bebas libat cakap di
lanjutkan dengan teknik catat, kemudian metode cakap dengan teknik cakap
semuka. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan
pengamatan, triangulasi metode dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama wujud variasi bahasa
Idiolek yang ditemukan peneliti yang sering muncul dalam pembelajaran bahasa
Indonesia di MTs. Sunan Kalijaga Morpenang Larangan Luar adalah variasi
bahasa idiolek dari segi penutur, dimana setiap siswa tersebut sering
menggunakan suatu variasi bahasa yang hanya di miliki oleh penutur sehinga
menjadi ciri khas tersebut. Dalam hal ini peneliti menemukan 10 data tuturan
variasi bahasa idiolek. Kedua, faktor-faktor penyebab terjadinya variasi bahasa
idiolek dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu: Faktor fisik terdapat 1 data
tuturan yang terdapat pada data 10, dan faktor psikis terdapat 9 data tuturan yang
terdapat pada data 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9.
Tidak tersedia versi lain