Text
IMPLEMENTASI GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA GURU DI SMA ANNUQAYAH GULUK-GULUK SUMENEP
ABSTRAK
Akhmad Zarkasih, 2020, Implementasi Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja Guru di SMA Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr. H. R. Agoes Kamaroellah. M.Si
Kata kunci:Gaya Kepemimpinan, Demokratis, Kepuasan Kerja
Gaya kepemimpinan demokratis adalah kemampuan mempengaruhi orang lain agar bersedia bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan cara berbagai kegiatan yang dilakukan bersama pimpinan dan bawahan. Dalam melaksanakan tugasnya, ia mau menerima dan bahkan mengharapkan pendapat orang dan saran-saran dari kelompoknya. Dalam meningkatkan kepuasan kerja guru, biasanya juga dibutuhkan gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah, kepala sekolah merupakan salah satu komponen yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kepala sekolah sebagai pengelola lembaga pendidikan memiliki peranan sentral dalam memajukan organisasinya.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga kajian pokok yang menjadi penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana indikator gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dalam meningkatkan kepuasan kerja guru di SMA Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep, kedua, Bagaimana implementasi gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja Guru di SMA Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep, ketiga, Faktor apa saja yang mendukungdan menghambat proses implementasi gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja Guru di SMA Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala sekolah SMA Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep dan guru secara umum. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, indikator gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah SMA Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep dalam meningkatkan kepuasan kerja guru adalah seperti kepala sekolah mau menerima saran dan masukan yang diberikan oleh guru dan stafnya. Kedua, dalam pelaksanaan dari kepemimpinan demokratis kepala sekolah, kepala sekolah selalu meminta ide dan gagasan dari guru ketika lembaga mengalami sebuah problem yang harus diputuskan secara bijaksana. Ketiga, faktor pendukungnya adalah semua elemen yang ada di lembaga sekolah selalu memberikan masukan yang konstruktif kepada kepala sekolah entah didalam sebuah forum atau diluar forum. Sedangkan, faktor penghambatnya ialah kepala sekolah tidak bisa langsung mengambil sebuah keputusan dalam tempo cepat ketika lembaga sekolah terbentur pada sebuah masalah. Dikarenakan kepala sekolah harus melakukan musyawarah dengan para guru dan stafnya untuk pengambilan keputusan.
Tidak tersedia versi lain