Text
PERAN GURU PROFESIONAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MI MIFTAHUL ULUM AENGDAKE KECAMATAN BLUTO KABUPATEN SUMENEP
ABSTRAK
Iswahyudi, Heri.2019. Peran Guru Profesional Dalam Meningkatkan Motivasi
Belajar Siswa Kelas V di MI Miftahul Ulum Aengdake Bluto Sumenep. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Tarbiyah, IAIN
Madura, Dosen Pembimbing Dr. Edi Susanto M.Fil.I
Kata Kunci: Guru Profesional, Motivasi Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga faktor. Pertama, dari hasil
pengalaman, pengamatan, dan wawancara peneliti saat berada di lembaga tersebut
ditemukan ada beberapa siswa/i kurang memiliki motivasi belajar yang baik hal
ini terlihat dari sikap serta prilaku siswa yang kurang bersemangat saat melakukan
kegiatan belajar di dalam kelas. Kedua, peneliti mengambil kelas V karena
menurut asumsi peneliti kelas tinggi seperti kelas V keadaan, kondisi siswa
mudah dikondisikan baik dari segi pengelolaan kelas, dan pengelolaan siswa.
Ketiga, fakta menunjukkan bahwa anak usia sekolah dasar banyak yang
kecanduan terhadap adanya teknologi, hal tersebut berdampak negatif terhadap
berkurangnya minat anak untuk belajar, banyak waktu luang mereka
dipergunakan untuk hal yang tidak berfaedah seperti, bermain game online,
nonton youtube dan lain sebagainya. Dalam fenomena yang terjadi disini maka
peneliti tertarik untuk mengangkat masalah motivasi belajar yang dicocokkan
dengan peran. Maka judul yang peneliti angkat adalah Peran Guru Profesional
Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di MI Miftahul Ulum
Aengdake.
Penelitian ini mempunyai dua titik fokus masalah. Pertama, Bagaimana
peran guru profesional dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di MI
Miftahul Ulum Aengdake. Kedua, Strategi apa yang diterapkan guru profesional
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di MI Miftahul Ulum
Aengdake.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis
deksriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah kepala sekolah, guru kelas V, dan siswa kelas kelas V.
sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi dengan
sumber.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data maka dapat disimpulkan
bahwa: Bagaimana peran guru profesional dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa kelas V MI Miftahul Ulum Aengdake adalah: Pertama, para guru
profesional di MI Miftahul Ulum Aengdake sudah melakukan perannya dengan
baik yakni, dengan melakukan pendidikan, pembimbingan, dan pelatihan yang
cukup terhadap siswa kelas V dalam kegiatan belajar mengajar, dan guru kelas V
sudah menyiapkan berbagai kebutuhan belajar siswa dengan baik, seperti
penyiapan Silabus, RPP, media pembelajaran, hal ini mereka lakukan agar tercipta
pembelajaran yang efektif dan efisien serta tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Kedua, strategi yang diterapkan oleh guru profesional dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa kelas V MI Miftahul Ulum Aengdake adalah dengan
menerapkan strategi pemberian pujian, dan pemberian angka kepada siswa, serta
menggunakan beberapa metode yang dicocokkan dengan materi.
Tidak tersedia versi lain