Text
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SEKS TERHADAP PERKEMBANGAN KOMUNIKASI ANAK USIA DINI DI TK PGRI AL-AZHAR AENG TONG-TONG KECAMATAN SARONGGI KABUPATEN SUMENEP JAWA TIMUR
ABSTRAK
Riqotus Sabila, 2020, Implementasi Pendidikan Seks terhadap Perkembangan Komunikasi Anak Usia Dini di TK PGRI Al-Azhar Aeng Tong-tong Saronggi Sumenep, Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Hj. S. Sumihatul Ummah MS, M.Pd
Kata kunci: Pendidikan Seks, Perkembangan Komunikasi, TK PGRI Al-Azhar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang peneliti temukan di TK Al-Azhar dalam kegiatan pembelajaran yakni pembelajaran Pendidikan Seks ini memang sudah diterapkan. Apabila ada kegiatan yang harus mengembangkan komunikasi anak yang dimana anak sebagai objek langsung, pendidikan seks ini digunakan yaitu kegiatan pembelajarannya dengan berupa media gambar, bernyanyi dan mendongeng kemudian anak menirukan dan menerapkan perintah guru, anak mendengarkan dongeng, melihat dan ikut bernyanyi kemudian mempraktekkanya. Anak akan berkonsentrasi dan memahami dongeng dan media gambar tersebut. Setelah praktek berlangsung, anak diberi tugas dan mengerjakan tugas dari guru.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus dalam penelitian ini, yaitu pertama, bagaimana konsep pengenalan pendidikan seks dalam perkembangan komunikasi anak di TK PGRI Al-Azhar Aeng tong-tong Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep Jawa Timur, kedua, Bagaimana Implementasi Pendidikan Seks terhadap perkembangan komunikasi anak, dan ketiga, apa saja manfaat dari pendidikan seks terhadap perkembangan komunikasi anak. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui Konsep, Implementasi Pendidikan Seks terhadap Perkembangan Komunikasi Anak Usia Dini di TK PGRI Al-Azhar Aeng Tong-tong Saronggi Sumenep, berikut manfaatnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru kelompok B. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelompok B yang berjumlah 20 anak. Sedangkan pengecekan keabsahan dan dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Konsep Pendidikan Seks terhadap Perkembangan Komunikasi Anak Usia Dini di TK PGRI Al-Azhar Aeng Tong-tong Saronggi Sumenep dimana ditemukan pendidikan seks sebagai sarana kesehatan anak, pendidikan seks sebagai sarana pembentukan moral dan sosial emosional anak, dan pendidikan seks sebagai sarana komunikasi positif bagi anak usia dini. Kedua, Implementasi Pendidikan Seks dalam pembelajaran terhadap Perkembangan Komunikasi Anak anak yaitu guru memberikan pembelajaran melalui mendongeng, media gambar dan bernyanyi mengenai pendidikan seks dan anak ikut serta dan sebagai onjek langsung kemudian anak mempraktikkan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga, manfaat pendidikan seks terhadap perkembangan komunikasi anak usia dinimembantu jalannya komunikasi antar pendidik dan peserta didik.
Tidak tersedia versi lain