Text
PENDEKATAN DALAM PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 3 MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PAMEKASAN
ABSTRAK
Amirul Islam Abdillah, 2020, Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas Untuk
Mengembangkan Potensi Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 Madrasah Aliyah
Negeri 2 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam,
Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr. Hj.
Waqiatul Masrurah Masrurah, M.Si
Kata Kunci: Pendekatan, Pengelolaan Kelas, Minat Belajar
Pendekatan merupakan strategi, metode, disain atau model dalam
memecahkan suatu permasalahan yang dihadapi. Pendekatan disini diartikan
sebagai strategi yang dilakukan oleh guru dalam memecahkan masalah-masalah
pengelolaan kelas yang dihadapi oleh guru atau wali kelas. Pengelolaan kelas
adalah suatu kegiatan yang direncanakan dan sengaja dilakukan oleh guru atau
wali kelas untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar yang optimal.
Minat belajar merupakan suatu rasa lebih suka dan rasa keterikatan dalam
keinginan untuk belajar.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Pendekatan apa saja yang digunakan dalam
pengelolaan kelas untuk mengembangkan potensi minat belajar siswa kelas XI
IPS 3 Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan; Kedua, Bagaimana penerapan
pendekatan dalam pengelolaan kelas untuk mengembangkan potensi minat belajar
siswa XI IPS 3 Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan; Ketiga Apa saja faktorfaktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas XI IPS 3 MAN 2
Pamekasan,.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Informannya adalah wali kelas, guru pengajar, dan peserta didik. Sedangkan
pengecekan keabsahan data melalui derajat kepercayaan (creadibility) yang
dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan
triangulasi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, untuk mengetahui
pendekatan yang digunakan dalam pengelolaan kelas untuk mengembangkan
potensi minat belajar siswa adalah pendekatan elektic. Pendekatan elektic ini
suatu pendekatan campuran atau memadukan beberapa pendekatan diantaranya
pendekatan ancaman, pendekatan kebebasan, pendekatan sosio emosional,
pendekatan tingkah laku dan pendekatan proses kelompok, ketika menghadapi
suatu masalah yang terjadi sesuai dengan kondisi yang dialami. Kedua, untuk
menerapkan pendekatan ini yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan
berbagai macam pendekatan yang dapat menciptakan dan mempertahankan sesuai
dengan kondisi kelas yang diinginkan atau kegiatan belajar mengajar efektif dan
efisien. Ketiga, faktor yang mempengaruhi minat belajar kurangnya kesadaran
pada peserta didik dalam memenuhi tugas dan haknya sebagai murid di Madrasah
dapat merupakan faktor utama penyebab yang mempengaruhi minat belajar.
Tidak tersedia versi lain