Text
IMPLEMENTASI E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Nurul Jannah, 2020, Implementasi E-learning Berbasis Schoology Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di SMA Negeri 1 Pamekasan Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, untuk IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Ali Nurhadi, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: E-learning, Schoology, dan Evaluasi Pembelajaran
Perubahan dalam pola pembelajaran dibutuhkan untuk melakukan pembaruan mengikuti dinamika perubahan zaman yang semakin cepat yang dipicu oleh perkembangan teknologi. Pembelajaran dengan metode e-learning merupakan pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi oleh karena itu secara media online e-learning menggunakan jaringan computer untuk memberikan informasi dan komunikasi. Dengan penggunaan e-learning ini bisa terjadi perubahan dalam kegiatan belajar mengajar diantara guru dan siswa dimanapun dan kapanpun.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama,bagaimana implementasi e-learning berbasis schoology dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMA Negeri 1 Pamekasan; kedua, apa saja faktor pendukung yang dihadapi dalam implementasi e-learning berbasis schoology dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMA Negeri 1 Pamekasan; ketiga, apa saja faktor penghambat yang dihadapi dalam implementasi e-learning berbasis schoology dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMA Negeri 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, dewan guru, dan siswa-siswi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Selanjutnya data diolah dan dianalisis melalui teknik analisa data sebagi berikut: bagaimana penerapan aplikasi schoology yang ada di lembaga, seperti perencanaannya, pelaksanaannya, evaluasi dan hasil yang didapat dalam implementasi e-learning berbasis schoology dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dalam pengelolaan implementasi e-learning berbasis schoology ini merupakan kebijakan sekolah yang sudah tersusun secara baik dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasinya. Kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi e-learning berbasis schoology dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran terdapat sarana prasarana, selain itu juga faktor guru dan siswa. Ketiga, faktor penghambat meliputi sarana dan prasarana yang kurang mencukupi kebutuhan sekolah.
Tidak tersedia versi lain