Text
MANAJEMEN PEMBEKALAN GURU TUGAS DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDAGOGIS DI PONDOK PESANTREN BANYUANYAR POTOAN DAJAH PALENGAAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Abd Wafur, 2019, Manajemen Pembekalan Guru Tugas Dalam Mengembangkan
Kompetensi Pedagogis Di Pondok Pesantren Banyuanyar Potoan Dajah
Palengaan Pamekasan, Skripsi, Program Studi manajemen Pendidikan Islam
(MPI), Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M.Pd.I.
Kata Kunci : Manajemen, Pembekalan, Guru Tugas.
Pembekalan guru tugas adalah Pelatihan yang di lakukan selama 15 hari sebelum
pemberangkatan guru tugas ke lembaga mitra pesantren, adapun materi dalam
pembekalan ini meliputi metode mengajar, kempemimpinan, sosial, dan lain
sebagainya.
Fokus penelitian ini adalah pertama, bagaimana perencanaan pembekalan guru
tugas dalam meningkatkan kompetensi pedagogis di Pondok Pesantren
Banyuanyar?. Kedua, bagaimana pelaksanaan pembekalan guru tugas dalam
meningkatkan kompetensi pedagogis di Pondok Pesantren Banyuanyar?. Ketiga,
apa saja faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembekalan guru
tugas dalam meningkatkan kompetensi pedagogis di Pondok Pesantren
Banyuanyar?. Sedangkan tujuan dari penelitian adalah Pertama, untuk mengetahui
bagaimana perencanaan pembekalan guru tugas dalam meningkatkan kompetensi
pedagogis di Pondok Pesantren Banyuanyar. Kedua, untuk mengetahui bagaimana
pelaksanaan pembekalan guru tugas dalam meningkatkan kompetensi pedagogis
di Pondok Pesantren Banyuanyar. Ketiga, faktor yang mendukung dan
menghambat pelaksanaan pembekalan guru tugas dalam meningkatkan
kompetensi pedagogis di Pondok Pesantren Banyuanyar.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Penelitian deskriptif yaitu data yang dikumpulkan adalah berupa katakata, gambar, dan bukan angka-angka. Sumber data yang diperoleh melalui
wawancara, obserfasi dan dokumentasi. Sumber data primer yaitu Koordinator
Guru Tugas (GT), Sekretaris Pondok, Pengurus Pondok.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Perencanaan pembekalan guru
tugas dalam meningkatkan kompetensi pedagogis di Pondok Pesantren
Banyuanyar,; 1. Menentukan materi, 2. Menetukan jadwal, 3. Pembentukan
panitia penempatan guru tugas, 4.Pembentukan panitia pelaksana. Kedua,
Pelaksanaan pembekalan guru tugas dalam meningkatkan kompetensi pedagogis
di Pondok Pesantren Banyuanyar menghasilkan dua kegiatan yakni, 1.
Pembekalan Pra acara, 2. Pemebekalan saat acara. Ketiga, Faktor yang
mendukung dan menghambat pelaksanaan pembekalan guru tugas dalam
meningkatkan kompetensi pedagogis di Pondok Pesantren Banyuanyar yaitu
Pertama. Faktor yang mendukung; a. Perencanaan yang jelas b. Adanya kerjasama
dan kordinasi yang baik antar pihak c. Komunikasi yang baik antar panitia
pelaksana d. Kesiapan dan Pengalaman panitia e. Aturan/Tatib. Kedua. Faktor
yang menghambat. a. Kedisiplinan Pesrta b.Kesiapan dan pengalaman panitia. c.
Pengganti Nara sumber.
Tidak tersedia versi lain