Text
STRATEGI PELAYANAN CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH DI BPRS BHAKTI SUMEKAR CABANG PAMEKASAN
ABSTRAK
Ahmad Sainol Akbar, 2020, Strategi Pelayanan Customer Service Dalam
Meningkatkan Kepuasan Nasabah, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah,
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: H. Wadhan, SE.
M.Si
Kata Kunci: Strategi Pelayanan, Customer Service, Kepuasan Nasabah
Customer service adalah layanan yang diberikan sebagai pendukung
(support) dari sebuah produk. Fungsi customer service memang semakin lama
semakin penting. Di sisi lain customer service juga bisa dikatakan sebagai pihak
di dalam perusahaan yang memiliki tugas menjabatani komunikasi antara
pelanggan dan perusahaan sehubungan dengan produk dan jasa yang dibeli oleh
pelanggan untuk tujuan terjadinya hubungan jangka panjang dengan pelanggan.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dua persoalan pokok, sehingga
menghasilkan fokus penelitian. Pertama, Bagaimana strategi pelayanan customer
service dalam meningkatkan kepuasan nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang
Pamekasan; Kedua, Bagaimana tanggapan nasabah terhadap pelayanan customer
service BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil lokasi
penelitian di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan, sehingga penggalian data
dalam penelitiaan ini menggunakan Wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan memahami fenomena tentang
apa yang dialami oleh nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan
dengan strategi pelayanan yang diberikan oleh Customer Service.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa yang Pertama, strategi pelayanan
customer service dalam meningkatkan kepuasan nasabah di BPRS Bhakti
Sumekar Cabang Pamekasan adalah semua karyawan BPRS Bhakti Sumekar
Cabang Pamekasan yang berada di bagian depan atau yang berhubungan dengan
nasabah di ikutkan pelatihan service excellent. Bentuk-bentuk pelayanan yang
diterapkan di BPRS Bhakti Sumekar yaitu masih dalam ruang lingkup yang
standar biasa yaitu 3S. Pelatihan yang diberikan kepada customer service
menggunakan pihak ketiga seperti Asosiasi Bank Syariah (Asbisindo). Kedua,
tanggapan nasabah terhadap pelayanan customer service BPRS Bhakti Sumekar
Cabang Pamekasan pelayanan yang diberikan oleh customer service sangat baik,
sopan dan santun. Customer Service di BPRS Bhakti Sumekar sudah berkompeten
di bidangnya. Customer Service langsung melayani nasabah sampai tuntas dan
baik dalam menangani nasabah yang mengalami kesulitan atau bermasalah.
Tidak tersedia versi lain