Text
PENGARUH BAURAN PEMASARAN PRODUK TABUNGAN BAROKAH TERHADAP MINAT NASABAH UNTUK MENABUNG DI BPRS BHAKTI SUMEKAR KANTOR CABANG PAMEKASAN
ABSTRAK
Yuliyanti Rafitri, 2020, Pengaruh Bauran Pemasaran Produk Tabungan
Barokah Terhadap Minat Nasabah Untuk Menabung Di BPRS Bhakti
Sumekar Kantor Cabang Pamekasan, Skripsi, Program Studi
Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, IAIN
Madura, Pembimibing: Lely Shofa Imama, Lc, M.S.I.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Minat Nasabah
Di era perdagangan bebas perbankan syariah dituntut untuk mampu
memupuk keunggulan kompetitif masing-masing melalui upaya-upaya yang
kreatif, inovatif dan efisien. Sehingga menjadi pilihan bagi banyak pelanggan
yang pada gilirannya nanti diharpkan loyal untuk tetap setia dan percaya pada
perusahaan. Tuntutan bersaing ini harus menjadi selalu menjadi perhatian oleh
BPRS Bhakti Sumekar, yaitu meneganai bauran pemasarannya terhadapa
tabungan baroakah. Bauran pemasaran merupakan kombinasi variabel-variabel
yang dapat dikontrol oleh perusahaan yang digunakan untuk memengaruhi
perilaku pembeli pada pasar sasaran. Variabel-variabel bauran pemasaran terdiri
dari beberapa variabel, yaitu produk, harga, promosi, tempat, orang, bukti fisik,
dan proses.Tujuan dalam penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui
bagaimana pengaruh bauran pemasaran produk tabungan barokah terhadap minat
nasabah secara parsial maupun simultan di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang
Pamekasan.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu
menggunakan analisis statistik dan angka-angka. Populasi penelitian ini yaitu
seluruh nasabah tabungan barokah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang
Pamekasan, dan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu
menggunakan teknik accidental sampling yaitu memilih sampel dari orang atau
unit yang paling mudah dijumpai atau di akses, sampel dalam penelitian ini
berjumalah 129 responden. Teknik analisa dalam penelitian ini adalah analisis
regresi linier berganda.
Hasil perhitungan secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 5,182 > Ftabel
2,09 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti secara simultan bauran
pemasaran berpengaruh terhadap minat nasabah. Sedangkan hasil uji parsial,
variabel produk, promosi, tempat, orang, bukti fisik, dan proses tidak berpengaruh
signifikan terhadap minat nasabah. Dan untuk variabel haraga Thitung sebesar 2,163
> Ttabel 1,980 dengan signifikansi 0,033 < 0,05 yang berarti variabel harga
berpengaruh signifikan. Sehingga variabel harga merupakan variabel paling
dominan berpengaruh terhadap minat nasabah untuk menbaung di BPRS Bhakti
Sumekar Kantor Cabang Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain