Text
ANALISIS STRATEGI POTONGAN HARGA (DISKON) UNTUK MENARIK MINAT BELI KONSUMEN DI TOKO MEZORA CABANG PAMEKASAN
ABSTRAK
Habibah, 2020, Analisis Strategi Potongan Harga (Diskon) untuk Menarik Minat
Beli Konsumen di Toko Mezora Cabang Pamekasan, Skripsi, Program Studi
Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura,
Pembimbing: Ainol Yakin, MM
Kata Kunci: Strategi Potongan Harga (Diskon), Minat Beli, Konsumen
Harga merupakan salah satu komponen penting dalam keberlangsungan
suatu perusahaan. Salah satu strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh
perusahaan untuk mengadaptasikan harga adalah pemberian potongan harga atau
diskon. Dalam pemasaran, potongan harga (diskon) merupakan alat promosi yang
dapat menarik perhatian konsumen untuk mendorong hasrat calon konsumen guna
membeli produk yang ditawarkan. Pengadaan diskon telah dilakukan disetiap
pusat perbelanjaan. Sejatinya, diskon adalah salah satu strategi promosi yang
dilakukan untuk mendongkrak penjualan dengan bermacam-macam cara. Pada
perkembangannya diskon telah menjadi strategi pemasaran, khususnya pada
industri retail. Tidak terkecuali pada bisnis fashion yang juga menerapkan strategi
Potongan harga untuk menarik minat beli konsumen.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu; pertama, bagaimana strategi potongan harga
(diskon) yang dilakukan oleh Toko Mezora cabang Pamekasan untuk menarik
minat beli konsumen. Kedua, bagaimana sistem penentuan harga dan potongan
harga (diskon) di Toko Mezora cabang Pamekasan. Ketiga, apa saja dampak dari
potongan harga (diskon) bagi perusahaan dan bagi konsumen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah karyawan di Toko Mezora cabang pamekasan dan beberapa
konsumen atau pelanggan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terdapat dua strategi
pemberian potongan harga atau diskon yang dilakukan oleh Toko Mezora cabang
Pamekasan untuk menarik minat beli konsumen, yakni diskon melalui kartu
member dan diskon non member. kedua, sistem penentuan harga produk di Toko
Mezora cabang Pamekasan ditentukan dari Mezora pusat selaku produsen utama
yang menyediakan produk di seluruh toko cabang yang ada, sedangkan penentuan
diskonnya bisa dari intruksi Mezora pusat untuk mengadakan diskon atau dari
toko cabang sendiri. Ketiga, dampak dari pemberian diskon kepada perusahaan
tentunya dapat meningkatkan volume penjualan dan dapat menciptakan loyal
customer, sedangkan bagi konsumen, tentunya merasa senang karena harga
produk jadi lebih murah dan dapat mengurangi biaya yang harus di keluarkan.
Tidak tersedia versi lain