Text
PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA DI KSPPS BMT NU CABANG GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Fina Silfia, 2020, Penerapan Strategi Pemasaran Produk Tabah Dalam
Meningkatkan Jumlah Anggota di KSPPS BMT NU Cabang Galis
Pamekasani, Skripsi, Program Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan
Perbankan Syariah, Sekolah Tinggi Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Madura, Pembimbing: H. Mohammad Bashri Asyari, MA
Kata Kunci: Penerapan Strategi Pemasaran Produk Tabah, KSPPS BMT NU
Cabang Galis Pamekasan,
BMT NU Cabang Galis Pamekasan menerapkan berbagai macam produk
penghimpunan dana yang salah satunya adalah produk tabah. Dengan adanya
produk tabah tersebut, maka diperlukan sebuah cara agar bisa menarik minat calon
anggota, salah satunya dengan cara penerapan strategi pemasaran. Akan tetapi
dengan tingkat persaingan yang ketat antar BMT, hal ini membutuhkan strategi
agar bisa memikat hati masyarakat khususnya di Kecamatan Galis Pamekasan.
Berdasarkan konteks di atas, maka yang menjadi fokus dalam penelitian ini
adalah: pertama, Bagaimana Penerapan Strategi Pemasaran Produk Tabah dalam
meningkatkan Jumlah Anggota di KSPPS BMT NU Cabang Galis Pamekasan.
Kedua, Bagaimana Respon Anggota Terhadap Produk Tabah di KSPPS BMT NU
Cabang Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif deskriptif, yang dalam hal ini menggunakan tiga teknik pengumpulan
data, yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penenlitian yang dilakukan penenliti, menunjukkan bahwa
Pertama, Penerapan Strategi Pemasaran Produk Tabah dalam meningkatkan
Jumlah Anggota di KSPPS BMT NU Cabang Galis Pamekasan yaitu a) melakukan
segmentasi pasar, segmentasi yang digunakan yaitu berbeda mulai dari semua
kalangan profesi seperti pedagang ataupun pegawai dan juga berdasarkan wilayah
dimana BMT NU Cabang Galis Pamekasan menetapkan wilayahnya di Kecamatan
setempat dan perluasan Wilayah di Kecamatan lain.b) menentukan target pasar,
yaitu BMT NU Cabang Galis Pamekasan menetapkan sasaran dan target pasar yang
akan dimasuki ialah dari semua kalangan, namun lebih fokus pada pedagang,
artinya lebih memfokuskan kepada mereka yang lebih membutuhkan, c)
menetapkan posisi pasar, yaitu artinya BMT NU Cabang Galis Pamekasan harus
menunjukkan keunikan produk yang akan ditawarkan kepada calon anggotanya
nanti. seperti membeikan bonus/hadiah sperti sembako. d) setelah selesai
melakukan STP (segmentasi, targeting, positioning) barulah BMT NU Cabang
Galis Pamekasan menerapkan strategi pemasarannya yaitu dengan bagian tabungan
melakukan sosialisasi secara langsung dan mendatangani calon anggota dengan
melakukan silaturrahmi dan mempromosikan produk-produk yang ada di BMT NU
Cabang Galis Pamekasan. Kedua, Respon Anggota Terhadap Produk Tabah di
BMT NU Cabang Galis Pamekasan yaitu a) Mendapatkan promo yaitu bagi hasil
40% dari pendapatan rata-rata BMT NU Cabang Galis Pamekasan yang langsung
dikreditkan kerekening produk tabah, serta memberikan hadiah atau bonus kepada
anggota yang tabungannya mencapai angka tertentu. b) dari segi pelayanannya
baik, rasa taggung jawabnya bisa kami pegang, mereka menjemput tepat waktu.
Tidak tersedia versi lain