Text
STRATEGI DIFERENSIANSI PADA PERUSAHAAN PENGIRIMAN BARANG DAN JASA (STUDI PADA J&T EXPRESS DAN NINJAXPRESS PAMEKASAN
ABSTRAK
Ria Indah Ramadhani, 2020, Strategi Diferensiasi Pada Perusahaan Pengiriman
Barang dan Jasa (Studi Pada J&T Express dan NinjaXpress
Pamekasan), Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Rudy
Haryanto. MM.
Kata Kunci: Strategi Diferensiasi, Perusahaan, Pengiriman Barang dan Jasa.
Seiring dengan perkembangan zaman, pasar jasa kurir yang besar dan terus
berkembang menyebabkan banyaknya pelaku usaha yang tertarik masuk dalam
bisnis jasa kurir. Salah satu cara untuk dapat memenangkan persaingan adalah
dengan membuat perbedaan dari produk yang dipasarakn dibandingkan produk
perusahaan saingan. Sehingga konsumen merasakan adanya perbedaan yang
bersifat positif dibandingkan dari produk perusaan lainya. Konsep ini dinamakan
dengan diferiansi produk (Pembedaan Produk). Perusahaan jasa pengiriman J&T
Express dan NinjaXpress merupakan ekspedisi barang yang berada di Pamekasan,
dimana kedua perusahan ini tempatnya saling berdekatan satu sama lain sehingga
pastinya ada persaingan dari kedua perusahaan jasa tersebut untuk menonjolkan
keunikan masing-masing jasa yang dimiliki kepada pelanggan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana implementasi dimensi
diferensiasi J&T Ekspress dalam membedakan perusahaan dengan NinjaXpress dan
untuk mengetahui efektifitas yang dilakukan NinjaXpress dalam meningkatkan
produktifitas dalam perusahaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian yang
bersifat komparatif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Data primer penelitian ini adalah pimpinan perusahaan, karyawan
J&T Express dan NinjaXpress Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, J&T Express dan
NinjaXpress Pamekasan mendeferensiasikan perusahaannya dengan berdasarkan
lima dimensi yaitu produk, pelayanan, personil, saluran distribusi dan citra. Ada
beberapa produk jasa yang menjadi keunggulan perusahaan pengiriman barang dan
jasa pada kedua perusahaan tersebut yakni J&T Express memiliki keunggulan di
bidang pelayanan gratis jemput ongkir di tempat dan operasional jam kerja yang
berpotensi menjadi sumber diferensiasi. Sedangkan untuk NinjaXpress memiliki
keunggulan di bidang layanan Cash On Delivery (COD) yang mempermudah
konsumen untuk dapat membayar barang yang dibeli saat menerimanya langsung.
Kedua, J&T Express dalam efektifitasnya untuk meningkatkan jumlah
produktivitas sudah berjalan efektif karena terjadi jumlah peningkatan pengiriman
barang dan penerimaan barang. Sedangkan untuk NinjaXpress Pamekasan kurang
efektif hal ini di karenakan tidak adanya peningkatan jumlah pengiriman barang
hanya ada penerimaan barang saja.
Tidak tersedia versi lain