Text
STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN LEMBAGA PEDULI SISWA DI KSPS BMT UGD SIDOGIRI CAPEM TLANAKAN
ABSTRAK
Wafi Agus Sholihen, 2020, Strategi Pemasaran Produk Tabungan Lembaga Peduli
Siswa Di Koprasi Simpan Pinjam Syariah BMT UGT Sidogiri Capem Tlanakan,
Skripsi, Program Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, Prodi Perbankan Syariah, Sekolah
Tinggi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Suaidi, S.H.I, M.Si
Kata Kunci: Strategi Pemasaran Produk Tabungan Lembaga Peduli Siswa Di
Koprasi Simpan Pinjam Syariah BMT UGT Sidogiri Capem Tlanakan.
BMT memiliki peluang cukup besar dalam ikut berperan mengembangkan
ekonomi yang berbasis pada ekonomi kerakyatan. BMT UGT Sidogiri Capem
Tlanakan menerapkan berbagai macam produk simpanan yang salah satunya adalah
produk tabungan lembaga peduli siswa. Dengan adanya produk tabungan lembaga
peduli siswa tersebut, maka diperlukan strategi pemasara agar calon anggota berminat
dan bergabung bersama BMT UGT Sidogiri Capem Tlanakan.
Berdasarkan konteks di atas, maka yang menjadi fokus dalam penelitian ini
adalah: pertama, Bagaimana Strategi Pemasaran Produk Tabungan Lembaga Peduli
Siswa di BMT UGT Sidogiri Capem Tlanakan. Kedua, Bagaimana Respon\Anggota
Terhadap Produk Tabungan Lembaga Peduli Siswa di KSPS BMT UGT Sidogiri
Capem Tlanakan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sumber data
menggunakan wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini
menggunakan 6 informan
Dari hasil penenlitian yang dilakukan penenliti, menunjukkan bahwa Pertama,
Strategi Pemasaran Produk Tabungan Lembaga Peduli Siswa di BMT UGT Sidogiri
Capem Tlanakan: 1) melakukan segmentasi pasar, menjual produk apa yang
dibutuhkan oleh anggota. 2) menentukan target pasar, yaitu sekolah-sekolah. 3)
menetapkan posisi pasar, maksudnya BMT UGT Sidogiri Capem Tlanakan harus
menunjukkan kelebihan dan manfaat yang ada di produk yang akan ditawarkan kepada
calon anggotanya nanti. 4) setelah selesai melakukan STP (segmentasi, targeting,
positioninh) barulah BMT UGT Sidogiri Capem Tlanakan menerapkan strategi
pemasarannya yaitu dengan bagian tabungan melakukan sosialisasi secara langsung ke
sekolah-sekolah. Kedua, Respon Anggota Terhadap Produk Tabungan Lembaga Peduli
Siswa di KSPS BMT UGT Sidogiri Capem Tlanakan yaitu: 1) mempermudah lembaga
pendidikan dalam menyimpan dana tabungan siswa. 2) pelayanannya baik, ramah,
mengantar dan menjemput tabungan tepat waktu. 3) anggota merasa puas terhadap
pelayanan yang diberikan kepada anggota dan manfaat yang ada di produk lembaga
pedulisiswa. 4) anggota tetap loyal terhadap BMT UGT Sidogiri Capem Tlanakan.
Tidak tersedia versi lain