Text
ANALISIS PERAN STOKIS DALAM SISTEM PEMASARAN DAN SISTEM PEMASARAN DAN SISTEM PENJUALAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM PADA PRODUK KECANTIKAN HNI-HPAI
ABSTRAK
Amatul Firdausya, 2020. Analisis Peran Stokis Dalam Sistem Pemasaran Dan Sistem
Penjualan Perspektif Ekonomi Islam Pada Produk Kecantikan HNI-HPAI. Skripsi, Program
Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing Dr.
Putri Alfia Halida. Lc., M.Th. I
Kata Kunci : Peran Stokis, Sistem Pemasaran, Sistem Penjualan, Ekonomi Islam
Pemasaran merupakan suatu bentuk aktivitas yang didalamnya terjadi proses promosi
atau kegiatan memberitahukan suatu produk kepada masyarakat, dalam pemasaran tersebut
salah satu nya adalah sistem MLM (Multi Level Marketing) yang digunakan oleh perusahaan
HNI-HPAIdengan merekrut banyak mitra untuk memperluas jaringan pemasarannya. HNIHPAI merupakan salah satu perusahaan bisnis berbasis online yang berasal dari Malaysia dan
mulai masuk ke Indonesia pada 19 Maret 2012 yang dikenal dengan salah satu bisnis produk
berbahan herbal.
Terdapat tiga hal yang menjadi fokus masalah dalam skripsi ini, yaitu: pertama,
bagaimana sistem pemasaran yang dilakukan oleh stokis HNI-HPAI. Kedua, bagaimana sistem
penjualan yang dilakukan oleh stokis HNI-HPAI. Ketiga, bagaimana sistem pemasaran dan
penjualan perspektif ekonomi Islam. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana sistem
pemasaran dan sistem penjualan yang dilakukan oleh stokis HNI-HPAI apakah sudah sesuai
dengan yang dianjurkan oleh ekonomi Islam.
Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan
sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder, dimana data primer dalam
penelitian ini berupa wawancara langsung dengan para stokis dan konsumen HNI-HPAI,
sedangkan data sekunder nya berupa buku, jurnal, dan lainnya. Dalam pengambilan data nya
penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, dalam pemasaran nya stokis
HNI-HPAI menggunakan dua cara yaitu PCA (pakai, cerita, ajak) dan HS (home sharing)
dengan menjelaskan secara langsung mengenai apa itu produk HNI-HPAI dan apa saja manfaat
yang terkandung di dalam setiap produknya. Kedua, dalam penjualan nya stokis juga
menggunakan dua cara yaitu penjualan langsung (terjadinya transaksi langsung antara stokis
dan konsumen) dan tidak langsung (menggunakan perantara seperti POS, JNE, JNT) yang
dilakukan sesuai kesepakatan antara stokis dan konsumen. Ketiga,ditinjau dalam perspektif
ekonomi Islam sistem pemasaran dan sistem penjualan itu telah mampu menghidupkan nilainilai Islam dalam kegiatan bisnisnya dengan salah satu nya mengajak masyarakat hijrah pada
produk-produk herbal mengikuti sunah Rasul, dan dalam kegiatan bisnisnya di HNI-HPAI
bonus hanya akan di dapat bagi mereka yang bekerja dan dibagikan sesuai kinerja masingmasing, selain hal itu barang atau produk yang dijual oleh HNI-HPAI juga telah jelas keamanan
dan kehalalan nya dengan adanya label BPOM dan MUI yang sudah tertera, yang bertujuan
untuk menciptakan falah bagi masyarakat.
Tidak tersedia versi lain