Text
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA PENGGUNA TABUNGAN HAJI DI KSPPS DARUL HIKMAH MITRA SEJAHTERA PAMEKASAN
ABSTRAK
Bella Ajeng Novitasari, 2020, Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Jumlah
Anggota Pengguna Tabungan Haji di KSPPS Darul Hikmah Mitra Sejahtera Pamekasan,
Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura,
Pembimbing: H. Wadhan, M.Si.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Tabungan Haji
Di Indonesia Baitul Mal wa Tanwil (BMT) sebagai lembaga keuangan non profit dan
lembaga keuangan profit. Sudarsono membedakan pengenai pengertian BAitul Mal wa Tanwil.
Baitul Mal lebih mengarah pada usaha – usaha pengumpulan dan penyaluran dana yang non
profit, seperti zakat, infaq dan shadaqah. Demikian juga terkait dengan pengembangan wakaf
tunai. Baitul Tanwil sebagai usaha pengumpulan dan penyaluran dana komersial. Berdasarkan
hal tersebut, maka yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi
pemasaran dalam meningkatkan minat anggota pada produk tabungan haji dan apa faktor
pendukung dan penghambat dalam strategi pemasaran dalam meningkatkan minat anggota pada
produk tabungan haji di KSPPS Darul Hikmah Mitra Sejahtera Pamekasan.
Salah satu produk simpanan/tabungan dalam KSPPS Darul Hikmah Mitra Sejahtera
Pamekasan adalah simpanan Haji. Simpanan Haji sebenarnya tidak jauh berbeda dengan
simpanan rencana lainnya. Simpanan Haji merupakan jenis simpanan yang diperuntukkan bagi
orang-orang yang mempersiapkan dana untuk membiayai perjalanan ke Tanah Suci. Adanya
produk Simpanan Haji ini mereka dapat mengumpulkan atau menabungkan uang mereka sedikit
demi sedikit yang nantinya setelah terkumpul dapat mereka gunakan untuk mendaftar Haji.
Dengan simpanan haji masyarakat merasa lebih ringan dibandingkan harus membayar Haji
secara tunai, mengingat mahalnya biaya haji yang mencapai 25.000.000,-.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data
melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dan digambarkan
secara menyeluruh. Untuk analisisnya menggunakan non statistik. Sumber data penelitian yang
digunakan yaitu sumber data manusia (sumber data primer) dan sumber data non manusia (
sumber data sekunder).
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebelum melakukan strategi pemasaran
dalam meningkatkan minat anggota pada produk tabungan haji di KSPPS Darul Hikmah Mitra
Sejahtera Pamekasan. Maka dari itu terlebih dahulu melakukan pengamatan pasar yang
dilakukan mealalui segmentasi pasar. Produk layanan dan mekanisme simpanan haji tidak
serumit yang masyarakat bayangkan pihak KSPPS berusaha mempermudah pembayaran para
calon jamaah haji sehingga dapat merencanakan keberangkatan haji atau umrah, lebih tepatnya
dana yang disimpan sebagai dana haji dapat dikelola dengan baik. Pihak KSPPS Darul Hikmah
Mitra Sejahtera Pamekasan harus lebih giat lagi dalam memasarkan produk tabungan haji dengan
cara bersosialisasi kepada masyarakat.
Tidak tersedia versi lain