Text
KUALITAS PRODUK PEMBIAYAAN MULTIJASA DI PT BPRS SARANA PRIMA MANDIRI PAMEKASAN DALAM MANGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL
ABSTRAK
Churratun Aini Fitriyah, 2020, Kualitas Produk Pembiayaan Multijasa Di PT
BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan Dalam Menghadapi Persaingan
Global, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. H. Rudy Haryanto, SST. MM.
Kata kunci: Kualitas produk, Pembiayaan Multijasa, Persaingan Global
Kualitas produk diukur untuk mengevaluasi kinerja pelayanan yang diberikan
bank kepada nasabah. Kualitas produk dikatakan baik apabila dalam fungsinya
mampu digunakan sesuai harapan pelanggan atau konsumen.Model CARTER
merupakan salah satu dimensi yang dapat mengukur kualitas produk pada
lembaga syariah. Pengukuran kualitas jasa digunakan pada salah satu pembiayaan
di PT BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Pembiayaan multijasa
adalahpembiayaan bentuk manfaat dan jasa seperti pendidikan, perjalanan,
pernikahan,dan berobat. Strategi dalam meningkatkan jumlah nasabah juga
dilakukan dengan menganalisis persaingan antar produk di PT BPRS Sarana
Prima Mandiri Pamekasan agar mampu meningkatkan kualitas yang lebih baik.
Permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian ini yaitu,
pertamaBagaimana kualitas produk pembiayaan multijasa di PT BPRS SPM
Pamekasan menggunakan dimensi CARTER?; kedua, Bagaimana PT BPRS SPM
Pamekasan untuk meningkatkan kualitas produk pembiayaan multijasa dalam
menghadapi persaingan global? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Informan yaitu Kabag landing,Remedial Marketing,AO
landing, dan kolektor landingdiPT. BPRS Sarana Prima Mandiri
Pamekasansedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan
pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, kualitas produk
pembiayaan multijasa menggunakan dimensi CARTER, sudah sesuai dengan
aturan maupun hukum yang ditetapkan. Pelayanan pada pembiayan multijasa
memberikan layanan semaksimal mungkin dengan menanggapi keluhan nasabah
tepat sesuai dengan kebutuhan nasabah, juga memberikan fasilitas yang cukup
layak seperti sarana dan prasarana agar nasabah merasa nyaman, karyawan peduli
dan memberi perhatian kepada nasabah dengan memberikan informasi yang tepat
dan akurat, dan produk pembiayaan multijasa tepat bagi nasabah yang
membutuhkan dana untuk biaya pendidikan, pernikahan, dan berobat. Kedua,PT
BPRS SPM Pamekasan untuk meningkatkan kualitas produk pembiayaan
multijasa dalam menghadapi persaingan global, menganalisis pesaing dengan
mengidentifikasi pesaing dari produk pembiayaan multijasa yaitu pembiayaan
murabahah dan gadai emas iB, mengenali strategi pesaing pada pemasaran dan
pelayanannya, menetapkan tujuan pesaing dengan tetap mengembangkan produk,
mengetahui kelemahan dan kekuatan produk yang paling diminati dengan
mempertahankan keunggulan produk pembiayaan multijasa, dan
mengelompokkan pesaing kuat yakni pembiayaan murabahah dan gadai emas iB.
Tujuan dari menganalisis persaingan adalah agar dapat mengetahui keunggulan
dan kekurangan pesaing maka akan mengatur strategi pemasaran yang tepat.
Tidak tersedia versi lain