Text
PENGARUH INOVASI, KREATIFITAS DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA USAHA BATIK DI DESA KLAMPAR PROPPO PAMEKASAN
ABSTRAK
UlfatulHasanah, 2020, Pengaruh Inovasi, Kreativitas dan Keunggulan Bersaing
Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Luthfi Batik di Desa Klampar
Proppo Pamekasan, Skripsi, Program Study Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing Lely
ShofaImama, Lc, M.S.I.
Kata Kunci: Inovasi, Kreativitas, KeunggulanBersaing, KeputusanPembelian.
Permasalahan yang dijumpai yang berkaitan dengan keputusan pembelian
di toko Luthfi Batik adalah menurunnya keputusan pembelian konsumen batik
Klampar dikarenakan banyaknya batik luar yang masuk pamekasan. Inovasi,
kreativitas dan keunggulan bersaing merupakan beberapa faktor yang diupayakan
untuk meningkatkan kembali keputusan pembelian di toko Luthfi Batik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh inovasi,
kreativitas dan keunggulan bersaing secara simultan terhadap keputusan
pembelian pada usaha Luthfi Batik di desa Klampar Proppo Pamekasan, (2)
pengaruh inovasi, kreativitas dan keunggulan bersaing terhadap keputusan
pembelian pada usaha Luthfi Batik di desa Klampar Proppo Pamekasan, (3)
variabel manakah yang paling berpengaruh antara inovasi, kreativitas dan
keunggulan bersaing terhadap keputusan pembelian pada usaha Luthfi Batik di
desa Klampar Proppo Pamekasan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang
menggunakan angka-angka yang dijumlahkan sebagai data yang kemudian
dianalisis. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Lutfi Batik Klampar
Proppo Pamekasan. Sampel ditentukan dengan sampling purposive dengan
responden sebanyak 71 orang. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah
kuesioner (angket). Tekhnik analisis data yang digunakan untuk menjawab
hipotesis adalah regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh inovasi, kreativitas dan
keunggulan bersaing secara simultan terhadap keputusan pembelian pada usaha
Luthfi Batik di desa Klampar Proppo Pamekasan. Berdasarkan hasil uji secara
parsial menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif inovasi terhadap
keputusan pembelian pada usaha Luthfi Batik di desa Klampar Proppo
Pamekasan, dibuktikan dari nilai Thitung ≥ Ttabel (2,585>1,99601), dan juga nilai sig
≤ tingkat signifikansi (0,012 < 0,05); (2) kreativitas tidak memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap keputusan pembelian pada usaha Luthfi Batik di desa Klampar
Proppo Pamekasan, dibuktikan dari nilai Thitung tingkat signifikansi (0,267 > 0,05); (3) keunggulan bersaing tidak
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada usaha
Luthfi Batik di desa Klampar Proppo Pamekasan, dibuktikan dengan nilai
Thitung tingkat signifikansi (0,267 >
0,05).
Tidak tersedia versi lain