Text
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BATIK TULIS AL-BAROKAH
ABSTRAK
Fitriyanti, 2020, Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen
melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening pada Batik Tulis AlBarokah, Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam, Pembimbing: Farid Firmansyah, MM.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Konsumen dan Loyalitas
Konsumen.
Kepuasan pelanggan berhubungan dengan loyalitas pelanggan dan
menghasilkan pembelian ulang. Loyalitas merupakan satu-satunya nilai yang
diciptakan perusahaan dengan membangun nilai yang berasal dari pelanggan yang
merupakan semua nilai perusahaan sekarang dan di masa depan. Suatu bisnis disebut
sukses jika berhasil mendapatkan, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan.
Atribut untuk mengukur kepuasan pelanggan adalah dengan kualitas produk dan
harga. Harga yang sesuai untuk suatu produk atau jasa akan bergantung pada satu
faktor yaitu nilai yang diberikan pada pelanggan
Berdasarkan penjelasan tersebut, terdapat lima rumusan masalah dalam
penelitian ini, yaitu: pertama, apakah terdapat pengaruh kualitas produk terhadap
kepuasan konsumen?. Kedua, apakah terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan
konsumen?. Ketiga, apakah terdapat pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas
konsumen?. Keempat, apakah terdapat pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas
konsumen?. Kelima, apakah terdapat pengaruh harga terhadap loyalitas konsumen?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi infinit, yaitu jumlah
konsumen batik Al-barokah yang tidak diketahui dengan pasti. Data dalam penelitian
ini adalah jenis data primer, data langsung dari sumber yang diteliti berupa hasil
angket dari konsumen yang merupakan pelanggan tetap IKM batik tulis Al-Barokah.
Tekhnik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analisis).
Hasil pengujian path analisis melalui program aplikasi SPSS 20. Hasil output
spss menunjukkan bahwa terjadi hubungan langsung kualitas produk terhadap
kepuasan dengan standardized koefisien 0,287 dengan tingkat signifikan sebesar
0,006. Pada kolom R square nilai kepuasan menunjukkan angka sebesar 0,557 yang
berarti variabilitas kepuasan yang dapat dijelaskan oleh variabilitas kualitas produk
dan harga sebesar 55,7% sedangkan sisanya 44,3% dijelaskan oleh variabel lainnya.
Hubungan langsung kualitas produk terhadap loyalitas dengan standardized koefisien
sebesar 0,079 dengan tingkat signifikan sebesar 0,405. Hubungan langsung harga
terhadap loyalitas dengan standardized koefisien sebesar 0,396 dengan tingkat
signifikan sebesar 0,000. Hubungan langsung kepuasan terhadap loyalitas dengan
standardized kofisien sebesar 0,409 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Tabel
4.18 terlihat pada kolom R-square nilai loyalitas menunjukkan angka sebesar 0,651
yang berarti variabilitas loyalitas yang dapat dijelaskan oleh variabilitas kualitas
produk, harga dan kepuasan konsumen sebesar 40,9% sedangkan sisanya sebesar
59,1% dijelaskan oleh variabel lainnya.
Tidak tersedia versi lain