Text
PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA TOKO BUSANA MUSLIM RABBANI CABANG PAMEKASAN
ABSTRAK
Siti Aucik, 2020, Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel
Intervening Pada Toko Busana Muslim Rabbani Cabang Pamekasan, Skripsi,
Program Studi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, IAIN
Madura, Pembimbing: Farid Firmansyah, MM
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Loyalitas Konsumen, Kepuasan Konsumen.
Semakin meningkatnya pemakaian busana muslim di Indonesia tentunya
menjadi sebuah peluang besar bagi pelaku usaha bidang fashion dalam memenuhi
kebutuhan masyarakat terhadap busana yang menutup aurat. Dewasa ini di
Indonesia sudah banyak ditemui perusahaan-perusahaan yang membuka bisnis di
bidang penyediaan busana muslim, guna untuk memenuhi permintaan konsumen
yang terus meningkat. Setiap perusahaan selalu berusaha untuk terus berkembang
dan menerapkan strategi bauran pemasaran untuk membuat konsumen puas yang
kemudian akan menjadikan konsumen loyal terhadap perusahaan tersebut.
Kabupaten Pamekasan sudah banyak ditemui toko busana muslim, yang salah
satunya adalah Rabbani cabang Pamekasan.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh langsung dan
pengaruh tidak langsung variabel bauran pemasaran, yang dalam penelitian ini
terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, dan orang terhadap loyalitas
konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi
penelitian adalah semua konsumen toko busana muslim Rabbani cabang
Pamekasan dengan sampel sebesar 100 responden. Data dalam penelitian ini
adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan uji
asumsi klasik dan uji statistik. Uji statistik terdiri dari uji F, koefisien determinasi
dan Path Analysis.
Hasil pengujian analisis regresi berganda dengan aplikasi SPSS 20. Uji F
berpengaruh signifikan, nilainya sebesar 19,178 dengan sig 0,000 lebih kecil dari
α (0,05). Hasil dari koefisien determinasi sebesar 0,553, yang berarti bahwa
variabel bauran pemasaran dan kepuasan konsumen mampu menjellaskan variabel
loyalitas konsumen sebesar 55,3%.
Hasil Path Analysis diketahui bahwa hanya variabel promosi dan kepuasan
konsumen yang secara langsung berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
konsumen. Variabel produk, harga, tempat, dan orang secara langsung tidak
berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Pengaruh tidak langsung variabel
promosi melalui kepuasan konsumen sebesar 0,0369 lebih kecil dari pengaruh
langsung (0,0369 < 0,202), yang berarti bahwa secara tidak langsung variabel
promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen toko busana
muslim Rabbani cabang Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain