Text
KEPUASAN KONSUMEN LAUNDRY ROBIH DALAM PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM DI DESA BRAJI KECAMATAN GAPURA KABUPATEN SUMENEP
ABSTRAK
Ach. Qiroem, 2020, Kepuasan Konsumen Laundry Robih Dalam Perspektif Ekonomi
Islam di Desa Braji Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep, Skripsi, Jurusan Ekonomi
Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. Rudy
Haryanto, MM.H.
Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen,
Kepuasan Konsumen Dalam Islam.
Bisnis jasa laundry Robih merupakan salah satu bentuk kegiatan bisnis usaha
yang memiliki banyak konsumen. Konsumen yang mengantar pakaian ke laundry robih,
secara asumsi dapat dikatakan bahwa konsumen puas, namun untuk memastikan
kepuasan konsumen perlu dicari kebenarannya, dan perlu dilakukan penelitian lebih
mendalam tentang bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap kepuasan konsumen.
Maka ada tiga hal yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama,
bagaimana gambaran kepuasan konsumen usaha jasa laundry Robih di desa Braji
kecamatan Gapura kabupaten Sumenep; kedua, faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi kepuasan konsumen usaha jasa laundry Robih di desa Braji kecamatan
Gapura kabupaten Sumenep; ketiga, bagaimana tinjauan ekonomi Islam mengenai
kepuasan konsumen terhadap usaha laundry Robih di desa Braji kecamatan Gapura
kabupaten Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian yang
bersifat deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Data primer penelitian ini adalah konsumen dan pemilik laundry robih.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, semua konsumen laundry robih
menggambarkan kepuasan dari faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen
setelah menggunakan jasa laundry. Sehingga kepuasan yang dirasakan membuat
konsumen merekomendasikan produk yang dirasakannya kepada konsumen lain.
Kedua, hasil wawancara yang penulis lakukan di fokus penelitian kedua tentang faktorfaktor yang mempengaruhi kepuasan menurut persepsi konsumen dipengaruhi oleh
faktor kualitas produk, pelayanan, harga, biaya, image perusahaan/jasa laundry, fasilitas
penunjang dan faktor lokasi. Ketiga, Ekonomi Islam memandang dari semua faktor
yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada laundry robih, menunjukkan bahwa
sesuai dengan nilai-nilai syariah dan perintah nabi. Persoalan jasa yang digunakan
sudah termasuk halal baik secara zatnya maupun cara memperolehnya. Akan tetapi
persoalan konsumen laundry robih dalam menggunakan jasa laundry belum semuanya
sesuai dengan nilai-nilai syariah karena sebagian dari konsumen laundry robih masuk
pada katagori isyraf atau melebihi batas dari konsumsi sehingga terjebak pada sifat
boros dalam menggunakan jasa laundry.
Tidak tersedia versi lain