Text
IMPLEMENTASI SPIRITUAL MARKETING DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN PADA ANGGOTA SIMPANAN PENDIDIKAN FATHONAH DI BMT NU CABANG PASEAN
ABSTRAK
Wiyanatuz Zahrah, 2020, “Implementasi Spiritual Marketing Dalam Membangun
Kepercayaan Pada Anggota Simpanan Pendidikan Fathonah Di BMT NU
Cabang Pasean” Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Lely Shofa Imama, Lc, M.S.I.
Kata Kunci : Implementasi, Spiritual Marketing, Kepercayaan, Dan Simpanan
Pendidikan Fathonah
Syariah marketing merupakan konsep marketing yang tergolong baru dan
menjadi solusi alternative dalam praktek bisnis di tengah persaingan usaha yang
mulai meninggalkan nilai dari praktik bisnis sesungguhnya. Implementasi syariah
marketing merupakan disiplin bisnis pada strategis yang memiliki arah proses
penciptaan, penawaran kemudian perubahan value dari inisiator pada
stakeholders-nya, yang dalam seluruh proses di dalamnya sesuai akad dan
prinsip-prinsip muamallah (bisnis) dalam Islam dan diterapkan pada produk
simpanan pendidikan fathanah. Simpanan pendidikan fathanah merupakan
simpanan untuk siswa dan orang tua yang ingin meraih cita-cita pendidikan secara
sempurna dengan bagi hasil 45% yang menguntungkan menggunakan akad
mudharabah muthlaqah.
Ada dua hal yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: 1) Bagaimana
implementasi spiritual marketing dalam membangun kepercayaan pada anggota
simpanan pendidikan fathonah di BMT NU Cabang Pasean, 2) Apa kendala yang
dihadapi dalam spiritual marketing dalam membangun kepercayaan anggota pada
Simpanan Pendidikan Fathonah di BMT NU Cabang Pasean.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah kualitatif deskriptif yaitu
data yang dikumpulkan berupa kata-kata bukan angka-angka. Dalam peneltian ini
sumber data yang diperoleh dari observasi dan wawancara, dan dokumentasi.
Informannya meliputi Kepala Cabang BMT NU Cabang Pasean, Bagian
Tabungan, Bagian Keuangan dan Adum serta anggota penabung sidik fathonah.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Implementasi
Spiritual Marketing Dalam Membangun Kepercayaan Pada Anggota Simpanan
Penndidikan Fathonah di BMT NU Cabang Pasean berdasarkan karakteristik dan
etika, meliputi Teistis (Rabbaniyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al-Waqi’iyah),
Humanistis (Al-Insaniyyah) dan Shiddiq, Amanah, Tabligh, Fathanah sudah di
implementasikan dengan baik oleh Marketer Bmt Nu Cabang Pasean. Sedangkan
kendala yang dihadapi dalam melakukan spiritual marketing dalam membangun
kepercayaan anggota pada Simpanan Pendidikan Fathonah di BMT NU Cabang
Pasean adalah tanggapan masyarakat bahwa BMT NU Cabang Pasean berdirinya
lebih akhir atau lambat dari pada lembaga keuangan lain di Pasean, dan Calon
penabung yang tidak langsung menabung karena kesulita ekonomi.
Tidak tersedia versi lain