Text
HUBUNGAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DI PABRIK TAHU LIRIDHALLAH DESA BICORONG KECAMATAN PAKONG KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Aminatus Sa’diyah, 2020 “Hubungan Saluran Distribusi Terhadap Peningkatan
Penjualan Produksi Tahu di Pabrik Tahu Liridhallah Desa Bicorong
Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan”. Skripsi, Program Studi
Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: H. Wadhan, M. Si
Kata kunci: Saluran Distribusi, Peningkatan Penjualan
Desa Bicorong merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan
Pakong Kabupaten Pamekasan, dimana dalam desa tersebut terdapat pabrik tahu
yang bisa memproduksi sebanyak kurang lebih dari 5 kwintal setiap harinya yakni
pabrik tahu Liridhallah yang berada di Dusun Panabar Desa Bicorong Kecamatan
Pakong Kabupaten Pamekasan, di Pabrik tahu tersebut menggunakan tingkat
saluran distribusi nol tingkat dan saluran distribusi sati tingkat dimana di pabrik
tesebut mendistribusikan produknya ke pedagang-pedagang pasar, diantaranya di
distribusikan ke pasar Pakong, pasar Ragang, dan pasar Sattoan. Pabrik tahu
Liridhallah juga mendistribusikannya ke pedagang asongan.
Tujuan pokok dalam penelitian ini yaitu: Pertama, untuk mengetahui
apakah saluran distribusi berhubungan terhadap peningkatan penjualan di Desa
Bicorong Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Kedua, untuk mengetahui
seberapa besar hubungan saluran distribusi terhadap peningkatan penjualan di
pabrik tahu Liridhallah Desa Bicorong Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan tehnik
analisis regresi linear sederhana, dan alat bantuan analisis SPSS versi 20. Jenis
data adalah data primer. Respondennya sejumlah 80 penjual tahu (tengkulak) di
pabrik tahu Liridhallah Desa Bicorong Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan.
Instrumen yang di gunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner (angket).
Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear
sederhana, uji persial (Uji T), dan uji determinasi (Uji R2). Selain itu dilakukan uji
kualitas data meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Juga dilakukan uji asumsi
klasik meliputi uji autokorelasi, uji normalitas, dan uji heteroskedastisitas.
Dari hasil analisis menemukan persamaan regresi linear sederhana
adalah Y = 17,808 + 0,323 X. Adapun hasil analisis secara persial (Uji T)
menunjukan bahwa saluran distribusi berhubungan signifikan terhadap
peningkatan penjualan dengan nilai signifikan sebesar 0,004 dan mempunyai
nilai determinasi sebesar 0,103 atau 10,3% sedangkan sisanya 89,7% dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini, seperti harga, promosi
dan lain sebagainya. Oleh karena itu, saluran distribusi sangat berhubungan
terhadap penjualan, karena ketika saluran distribusi tersebar secara merata ke
setiap wilayah atau tersebar secara maksimal, maka penjualanpun akan semakin
maksimal sehingga keuntungan yang akan di dapat juga akan semakin besar.
Tidak tersedia versi lain