Text
STRATEGI PEMASARAN SYARIAH PADA TOKO BASMALAH CABANG TLANAKAN DI JLN. RAYA LARANGAN TOKOL PAMEKASAN
ABSTRAK
Nurul Istiqomah, 2020, Strategi Pemasaran Syariah Pada Toko
Basmalah Cabang Tlanakan di Jln. Raya Larangan Tokol Pamekasan,
Program Studi ES, jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura,
Pembimbing :H. Wadhan, SE. M.Si
Kata Kunci : Strategi, Pemasaran Syariah dan Toko Basmalah Cabang
Tlanakan di Jln. Raya Larangan Tokol Pamekasan.
Strategi adalah suatu rencana yang disatukan menyeluruh untuk
memastikan tujuan utama perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan
yang tepat.Berkenaan dengan strategi bisnis yang dilakukan oleh Toko
Basmalah cabang Tlanakan sudah berdasarkan al-Quran dan hadist,
mengutamakan etika dalam berbisnis serta menerapkan pemasaran
syariah.Meskipun Toko Basmalaah sudah melakukan strategi pemasaran
syariah akan tetapi ada kendala dalam melakukan pemasarannya yang
mana susahnya mencapai target pasar.
Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat dua permasalahan yang
akan menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, untuk
mengetahui bagaimana strategi pemasaran syariah pada toko basmalah
cabang tlanakan di jln. Raya larangan tokol Pamekasan, kedua,untuk
menganalisis Apa yang menjadi kendala dalam mencapai target pasar
pada Toko Basmalah Cabang Tlanakan di Jln.Raya Larangan Tokol
pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif.Data primer adalaha data yang diperoleh dari ketua
Toko Basmalah Cabang Tlanakan, serta karyawan.Data sekunder dari
buku-buku refrensi yang merujuk pada judul ini.Metode yang digunakan
dalam pengumpulan data yaitu meliputi observasi, wawancara dan
dokumentasi, selanjutnya data yang terkumpul dianalisis melalui reduksi
data.
Hasil penelitiannya pertama, ditinjau dari Strategi Pemasaran
pada Toko Basmalah Cabang Tlanakan di Jln.Raya Larangan Tokol
Pamekasan menerapkan teori strategi pemasaran Islami (syariah) yang
terdiri dari karakteristik pemasaran syariah diantaranya menerapkan
ketuhanan (semua gerak gerik selaludalam pengawasan Allah SWT.), etis
(akhak), realistis(sesuai dengan kenyataan), humanistis(berperikemanusiaan), serta etika bisnis pemasaran islami. Toko
Basmalah Cabang Tlanakan juga menerapkan STP (segmentasi,
taegeting, dan positioning
) dan bauran pemasaran (marketing mix) dalam
perspektif syariah, kedua, Kendala dalam mencapai target pasar pada
Toko Basmalah Cabang Tlanakan di Jln. Raya Larangan Tokol
Pamekasan yaitu Rusaknya harga pasar, Kurangnya stock barang karena
tidak ada kiriman dari sales, Liburnya mahasiswa (i) kampus IAIN
MADURA seperti liburan akhir semester seta disaat musim hujan akan
mengurangi target karena Toko menjadi sepi.
Tidak tersedia versi lain