Text
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH PRODUK TABAROK DI BPRS SPM PAMEKASAN
ABSTRAK
Dwi Rohimatul Cahyani, 2020, Pengaruh Kualitas Produk dan Personal Selling
Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk Tabarok di BPRS SPM
Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing : Dr. H. Rudy Haryanto, SST. MM.
Kata kunci: Kualitas produk, Personal Selling, Keputusan Nasabah
Persaingan yang semakin ketatdalam dunia bisnis jasa lembaga keuangan
syariah membuatbank syariah harus benar-benar mengetahui strategi yang tepat
untuk memenangkan persaingan, salah satunya dipengaruhi oleh kualitas produk
yang ditawarkan dan strategi promosi yang digunakan. Kualitas produk
merupakan keseluruhan gabungan karakteristik produk dan jasayang membuat
produk dapat digunakan sesuai harapan konsumen. strategi promosi yang
digunakan dalam penelitian ini ialah personal selling yaitu sarana paling efektif
pada tahap tertentu dari proses pembelian, terutama dalam membangun preferensi
pembeli, keyakinan, dan tindakan. Berdasarkan hal tersebut, maka permasalahan
yang: pertama, pengaruh kualitas produk dan personal selling terhadap keputusan
nasabah memilih produk Tabarok di BPRS SPM Pamekasan, kedua, seberapa
besar pengaruh kualitas produk dan personal selling terhadap keputusan nasabah
memilih produk Tabarok di BPRS SPM Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
korelasi. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang disebarkan pada
nasabah produk Tabarok denganjumlah sampel sebanyak 86 responden yang
diambil dengan teknikpurposive sampling.Data yang didapat di analisis
menggunakan metode regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah yang ditunjukkan dengan
besarnya nilai thitung 3,012 lebih besar dari ttabel 1,99 dengan taraf signifikan 0,003
kurang dari 0,05 . Personal selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan nasabah ditunjukan dengan besarnya nilai thitung 5,940 lebih besar dari
ttabel 1,99 dengan taraf signifikan 0,000 kurang dari 0,05 . kualitas produk dan
personal selling secara simultan berpengaruh terhadap keputusan nasabah dengan
nilai Fhitung 65,502 lebih besar dari Ftabel 3,11 dengan taraf signifikan 0,000 kurang
dari 0,05.
Tidak tersedia versi lain