Text
PENGARUH PERSPEKTIF NASABAH, KEPERCAYAAN, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN BBS MOBILE DI BPRS BHAKTI SUMEKAR CABANG PAMEKASAN
ABSTRAK
Assaratul Kamilah, 2020, Pengaruh Persepsi Nasabah, Kepercayaan, dan Kualitas
Layanan terhadap Keputusan Nasabah dalam Menggunakan BBS
Mobile di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan, Skripsi,
Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing : H.
Wadhan, SE. M.Si
Kata Kunci : Persepsi Nasabah, Kepercayaan, Kualitas Layanan, Keputusan
Nasabah, BBS Mobile
Perkembangan teknologi internet yang telah mengubah berbagai aspek
kehidupan termasuk perilaku konsumen. Perilaku konsumen merupakan perbuatan
yang di perlihatkan oleh konsumen untuk mencari, membeli, menggunakan,
mengevaluasi, dan menghabiskan produk dan jasa yang di harapkan dapat
memuaskan akan kebutuhan oleh konsumen tersebut. Perilaku konsumen dalam
penelitian ini terdiri dari persepsi nasabah, kepercayaan, dan kualitas layanan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada empat permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apakah persepsi nasabah,
kepercayaan, dan kualitas layanan secara simultan berpengaruh terhadap
keputusan nasabah dalam menggunakan BBS Mobile di BPRS Bhakti Sumekar
Cabang Pamekasan; kedua, adakah pengaruh persepsi nasabah terhadap keputusan
nasabah dalam menggunakan BBS Mobile di BPRS Bhakti Sumekar Cabang
Pamekasan; ketiga, adakah pengaruh kepercayaan terhadap keputusan nasabah
dalam menggunakan BBS Mobile di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan;
keempat, adakah pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan nasabah dalam
menggunakan BBS Mobile di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis asosiatif
dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang berguna untuk
mengukur kekuatan hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya dan
menunjukkan arah hubungan antara variabel independen dengan variabel
dependen. Sumber data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh dari
hasil kuisioner yang disebarkan kepada nasabah BPRS Bhakti Sumekar Cabang
Pamekasan yang menggunakan atau minimal mengetahui tentang BBS Mobile.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi nasabah, kepercayaan, dan
kualitas layanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan
nasabah dalam menggunakan BBS Mobile di BPRS Bhakti Sumekar Cabang
Pamekasan. Variabel persepsi nasabah berpengaruh positif dan berpengaruh
signifikan terhadap keputusan nasabah. Variabel kepercayaan berpengaruh positif
dan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah. Variabel
kualitas layanan berpengaruh positif dan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan nasabah. Sedangkan besarnya pengaruh variabel persepsi nasabah,
kepercayaan, dan kualitas layanan terhadap keputusan nasabah dalam
menggunakan BBS Mobile di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan adalah
sebesar 48,1%.
Tidak tersedia versi lain