Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KSPP SYARIAH BMT NU CABANG PRAGAAN SUMENEP
ABSTRAK
Dinda Ainun Eka Putri, 2020, Pengaruh Kualitas Layanan Dan Nilai Pelanggan
Terhadap Kepuasan Anggota KSPP Syariah BMT NU Cabang Pragaan Sumenep,
Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,
IAIN Madura, Pembimbing : Khotibul Umam, SEI, MEI.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Nilai Pelanggan, Kepuasan Anggota
KSPP Syariah BMT NU Cabang Pragaan Sumenep merupakan KSPP
Syariah BMT NU dengan anggota terbanyak nomor dua. KSPP Syariah BMT NU
mengembangkan usaha-usaha produktif dengan mendorong kegiatan menabung
dan melakukan pembiayaan. Salah satu sistem layanan yang diberikan oleh KSPP
Syariah BMT NU Cabang Pragaan Sumenep adalah sistem jemput bola, hal
tersebut bernilai positif karena mempermudah anggotanya untuk menabung.
Namun disisi lain salah satu anggota memberikan pernyataan bahwa dalam hal
pelayanan, karyawan KSPP Syariah BMT NU Cabang Pragaan tidak memberikan
penjelasan tentang produk tabungan yang akan dibuka, hanya menganjurkan
untuk melengkapi persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi anggota. Hal
tersebut bisa saja menimbulkan ketidak sesuaian antara harapan dengan kualitas
layanan dan menyebabkan manfaat yang dirasakan oleh anggota tidak sesuai
dengan apa yang diharapkan. Secara umum, anggota akan merasa puas apabila
manfaat produk serta layanan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dan
keinginan mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh kualitas layanan
dan nilai pelanggan secara simultan terhadap kepuasan anggota KSPP Syariah
BMT NU Cabang Pragaan Sumenep (2) menganalisis pengaruh kualitas layanan
terhadap kepuasan anggota KSPP Syariah BMT NU Cabang Pragaan Sumenep (3)
menganalisis pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan anggota KSPP Syariah
BMT NU Cabang Pragaan Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data diperoleh
melalui kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
Anggota KSPP Syariah BMT NU Cabang Pragaan Sumenep dengan jumlah
sampel yang digunakan sebanyak 100 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Kualitas layanan dan nilai
pelanggan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap kepuasan
anggota. Hal ini dibuktikan dari Hasil uji Anova diperoleh nilai Fhitung sebesar
282,041 > Ftabel sebesar 3,09 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Kedua, Kualitas
layanan berpengaruh terhadap kepuasan anggota, hal ini dibuktikan berdasarkan
hasil Uji t diperoleh thitung sebesar 7,585 dengan taraf signifikan 0,000 , sedangkan
nilai ttabel sebesar 1,98472. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikan
0,000 < 0,05, dan nilai t hitung > t tabel (7,585 > 1,98472). Ketiga, Nilai pelanggan
tidak berpengaruh terhadap kepuasan anggota, hal ini dibuktikan dengan
perolehan nilai thitung sebesar 1,466 dengan taraf signifikan 0,146, sedangkan nilai
ttabel sebesar 1,98472. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikan
0,146 > 0,05 dan nilai thitung < t tabel (1,466 < 1,98472 ).
Tidak tersedia versi lain