Text
STRATEGI PEMASARANPRODUK TABUNGAN QURBAN DI KOPERASI SIMPAN PINJAM SYARIAH BMT UGT SIDOGIRI CABANG PAMEKASAN
ABSTRAK
Moh. Nurul Hidayatullah 2020 Strategi Pemasaran Produk Tabungan Qurban di
Koperasi Simpan Pinjam Syariah BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan,
Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,
IAIN Madura, Pembimbing : Fatati Nuryana, M.Si
Kata Kunci :Strategi Pemasaran segmenting targeting positioning, Tabungan
Qurban
Koperasi BMT UGT Sidogiri telah mengalami banyak permasalahan yang
dilatarbelakangi oleh semakin ramai dan ketatnya persaingan pasar bisnis
perbankan yang menyebabkan daya saing pada saat ini merupakan suatu
tantangan dan permasalahan di BMT UGT Sidogiri. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pertama, Segmentasi, targeting dan positioning produk tabungan
qurban di KSPS BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. Kedua, Peluang dan
hambatan produk tabungan qurban di KSPS BMT UGT Sidogiri Cabang
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif.Sumber data menggunakan wawancara terstruktur, observasi dan
dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan 7 informan, yaitu kepala
cabang, AOSP dan nasabah. Adapun observasinya yaitu lokasi penelitian BMT
UGT Sidogiri Cabang Pamekasan, AOSP mengenai strategi pemasaran
segmentation, targeting dan positioning produk Tabungan Qurban serta
kunjungan nasabah sedangkan dokumentasinya yaitu profil BMT UGT Sidogiri,
Struktur organisasi, data informan dan brosur tabungan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Strategi pemasaran STP
(segmentation, targeting dan positioning) produk tabungan qurban di BMT UGT
Sidogiri Cabang Pamekasan dilakukan dengan cara menentukan segmentasinya
dulu. Lalu dibentuk kelompok pasar (segmentation) geografik (dibagi berdasarkan
kecamatan),yang dijadikan target pasar (targeting) adalah orang-orang yang ingin
menunaikan ibadah qurban dan aqiqah tapi ada kendala di keuangannya..
Memposisikan produk (positioning). Kemudian, Upaya yang dilakukan dalam
meningkatkan jumlah anggota yaitu dengan memberikan pelayanan yang optimal
dengan harapan nasabah akan merasa puas. kedua, Peluang dalam produk ini Ada
dibagi hasil yaitu 40% untuk anggota dan 60% untuk BMT UGT Sidogiri Cabang
Pamekasan. Adanya sistem antar jemput tabungan sehingga anggota tidak perlu
repot kekantor BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan untuk menabung dan
Membantu masyarakat yang kurang mampu untuk melakukan ibadah qurban.
Hambatannya yaitu adanya pesaing dari lembaga keuangan lainnya yang juga
memiliki produk yang sama dan ada kegiatan arisan tabungan qurban sehingga
minim peminatnya.
Tidak tersedia versi lain