Text
PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PEMBIAYAAN TABAROK DI BPRS SARANA PRIMA MANDIRI KANTOR KAS BANDARAN
ABSTRAK
Lely Tri Soffara, 2020, Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Nasabah
Dalam Memilih Pembiayaan Tabarok Di BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor
Kas Bandaran, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan
Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: H. Mohammad Bashri Asyari, MA.
Kata Kunci : Marketing Mix, Pembiayaan Tabarok, dan Keputusan Nasabah.
Dalam era perdagangan bebas, setiap perusahaan menghadapi persaingan
yang ketat sehingga menuntut perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan
dan keinginan nasabah. Banyak alasan dan faktor-faktor lain yang mampu
mempengaruhi pertimbangan konsumen untuk mau menjadi nasabah. Salah
satunya yang berasal dari strategi pemasaran di mana hal ini yang juga dilakukan
oleh BPRS SPM pada produk Pembiayaan Tabarok melalui strategi bauran
pemasaran yang didalamnya meliputi kebijakan produk, harga, promosi, tempat,
pelayanan pegawai, proses pelayanan, dan bentuk fisik kantor bank syariah itu
sendiri. Pembiayaan Tabarok sendiri adalah produk pembiayaan tanpa agunan dan
barokah.
Berdasarkan hal tersebut maka yang menjadi rumusan masalah dalam
penelitian ini yaitu: pertama, apakah marketing mix yang terdiri dari produk,
tempat, promosi, harga, orang, bukti fisik dan proses mempunyai pengaruh
signifikan secara parsial terhadap keputusan nasabah dalam memilih pembiayaan
Tabarok Di BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor Kas Bandaran.; kedua apakah
marketing mix mempunyai pengaruh signifikan secara simultan terhadap
keputusan nasabah dalam memilih pembiayaan Tabarok Di BPRS Sarana Prima
Mandiri Kantor Kas Bandaran.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini sampel
yang di ambil adalah nasabah Tabarok BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor Kas
Bandaran yang berjumlah 117 nasabah. Teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini yaitu menggunakan teknik accidental sampling yaitu prosedur
sampling yang memilih sampel dari orang atau unit yang paling mudah dijumpai
atau diakses. Teknik analisa dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier
berganda.
Hasil perhitungan secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 3,605 > Ftabel
2,09 dengan signifikansi 0,002 < 0,05 yang berarti secara simultan bauran
pemasaran berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Sedangkan hasil uji parsial,
variabel tempat, orang, bukti fisik dan proses tidak berpengaruh signifikan
terhadap keputusan nasabah. Dan untuk variabel produk Thitung sebesar 2,254 >
Ttabel 1,982 dengan signifikansi 0,026 < 0,05 , variabel promosi Thitung sebesar
2,639 > Ttabel 1,982 dengan signifikansi 0,010 < 0,05. Variabel harga Thitung
sebesar 2,640 > Ttabel 1,982 dengan signifikansi 0,010 < 0,05 yang berarti variabel
produk, promosi dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah
dalam memilih pembiayaan Tabarok di BPRS SPM Kantor Kas Bandaran.
Tidak tersedia versi lain