Text
STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT ANGGOTA PADA PRODUK PEMBIAYAAN GADAI SYARIAHDI KSPP SYARIAH BMT NU CABANG PAKONG
ABSTRAK
Ijah Yanti, 2020, Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Anggota pada
Produk Pembiayaan Gadai Syariah di KSPP SYARIAH BMT NU Cabang Pakong,
Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN
Madura.
Pembimbing :H. Mohammad Bashri Asyari, MA.
Kata Kunci : strategi pemasaran, gadai Syariah, KSPP SYARIAH BMT NU
Cabang Pakong
KSPP SYARIAH BMT NU Cabang Pakong merupakan lembaga keuangan
syariah yang salah satu produk unggulannya yaitu produk pembiayaan gadai syaiah.
Dengan adanya produk gadai syariah ini diharapkan menjadi alternatif masyarakat
untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak dengan menggadaikan barangnya,
tentunya untuk bisa menarik minat masyarakat pada produk pembiayaan gadai
syariah yaitu dengan strategi pemasaran. berdasarkan hal tersebut, maka yang
menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran
dalam meningkatkan minat anggota pada produk pembiayaan gadai syariah dan apa
faktor pendukung dan penghambat dalam strategi pemasaran dalam meningkatkan
minat anggota pada produk pembiayaan gadai syariah di KSPP SYARIAH BMT NU
Cabang pakong.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan
data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis
dan digambarkan secara menyeluruh. Untuk analisisnya menggunakan non statistik.
Sumber data penelitian yang digunakan yaitu sumber data manusia (sumber data
primer) dan sumber data non manusia ( sumber data sekunder).
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebelum melakukan strategi
pemasaran dalam meningkatkan minat anggota pada produk pembiayaan gadai
syariah di KSPP SYARIAH BMT NU Cabang pakong terlebih dahulu melakukan
pengamatan pasar yang dilakukan melalui segmentasi pasar yaitu berdasarkan
profesi,sifat musiman/jangka panjang, dan wilayahnya, target pasarnya yaitu
pedagang dan untuk posisi pasar yaitu harus memposisikan dirinya dengan
memperkenalkan produk unggulan. Selanjutkan KSPP SYARIAH BMT NU Cabang
pakong menjalankan strategi pemasaran dengan menerapkan 4 variabel di bauran
pemasaran ialah pertama produk yaitu dengan meperkenalkan produk unggulan yakni
prmbiayaan gadaisyariah,kedua harga yaitu dengan menerapkan sistem syariah,ketiga
tempat yaitu dengan memilih tempat yang strategis yang bisa dijangkau anggota baik
roda dua maupun empat, dan keempat promosi yaitu dilakukan dengan perorangan,
sosialisasi dan dengan cara periklanan seperti brosur, souvenir, dll.Untuk faktor
pendukung bagi KSPP SYARIA BMT NU Cabang pakong yaitujasanya lebih murah
bagi mitra yang sudah berulang-ulang melakukan transaksi pembiayaan karena bisa
melakukan pencairan di rumah, mulai dari proses awal sampai akhir dan faktor
penghambat untuk KSPP SYARIAH BMT NU Cabang Pakong itu datang dari
anggota itu sendiri yang mengakibatkan lamanya pencairan bagi anggota.
Tidak tersedia versi lain