Text
IMPLEMENTASI PERSONAL SELLING PADA PRODUK PEMBIAYAAN GADAI EMAS (GEMAS) DI KOPERASI SYARIAH JAWA TIMUR CABANG PAMEKASAN
ABSTRAK
Moh. Feri Septianto, 2020,“Implementasi Personal Selling Pada Produk
Pembiayaan Gadai Emas (GEMAS) di Koperasi Syariah NURI Jawa Timur
Cabang Pamekasan.” Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN MADURA, Pembimbing: Taufikkurrahman,
M.H.
Kata Kunci: Implementasi, Personal Selling, Pembiayaan, Pembiayaan GEMAS.
Koperasi Syariah Nuri Jawa Timur Cabang Pamekasan Kotamerupakan
lembaga keuangan syariah yang menyediakan berbagai macam pembiayaan salah
satunya adalah pembiayaan gadai emas (GEMAS). Pembiayaan gadai emas
merupakan pembiayaan yang diberikan dengan menjadikan barang yang
dimungkinkan bisa dibayar dengannya, atau dari hasil penjualannya tersebut
sebagai jaminan. KSN Jawa Timur dalam memperkenalkan berbagai produknya
tentu akan membutuhkan berbagai macam strategi pemasaran, sehingga hal
tersebut perlu diterapkannya strategi pemasaran yang andal seperti personal
sellingagar dapat menarik minat nasabah dan meningkatkan jumlah pembiayaan
pada gadai emas tersebut. Tujuan dalam penelitian ini yaitu:pertama, untuk
megetahui bagaimana bentuk implementasi personal selling pada produk gadai
emas (GEMAS) di KSN Jawa Timur Cabang Pamekasan. Kedua, untuk
mengetahui Manakah yang lebih efektif antara Retail Selling, Field Selling, dan
Executive Selling dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan GEMAS.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu data
yang dikumpulkan berupa kata-kata bukan angka-angka. Sumber data berupa
sumber data primer dan sekunder dengan prosedur pengumpulan data
menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Informan dalam
penelitianini yaitu karyawan KSN Jawa Timur Cabang Pamekasan sebanyak 6
orang dananggota KSN Jawa Timur Cabang Pamekasan sebanyak 8 orang.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pertama, bentuk implementasi
personal selling yang digunakan KSN Jawa Timur Cabang Pamekasan yaitu
Retail Selling berupa mempromosikan suatu produk dengan cara melayani
nasabah yang datang langsung ke lembaga koperasi syariah Nuri, Field
Sellingberupa melakukan penjualan/promosi di luar lembaga Koperasi Syariah
Nuri dengan mendatangi langsung anggotanya ke rumah-rumah, kantor-kantor
dan lain-lain, kemudian Executive Selling yang berupa Manajer KSN yang
bertindak sebagai tenaga penjual/sales promotor yang melakukan
penjualan/promosi dalam pembiayaan GEMAS, sehingga dari bentuk
implementasi personal selling tersebut menjadi strategi bagi Koperasi Syariah
Nuri dalam menarik minat nasabahnya. Kedua, dari bentuk-bentuk personal
selling yang terdiri dari Retail Selling, Field Selling, dan Executive Selling yang
lebih efektif menarik minat calon anggota yaitu field selling. Hal ini terbukti
dari meningkatnya jumlah anggota pembiayaan GEMAS yang menunjukkan
bahwa strategi personal selling dengan bentuk field selling atau menawarkan
secara langsung ke rumah-rumah nasabah sudah dapat dikatakan efektif.
Tidak tersedia versi lain