Text
STRATEGI PEMASARAN WORD OF MOTH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA PENGGUNA PEMBIAYAAN PRODUK KENDARAAN BERMOTOR BAROKAH (KBB) DI BMT UGT SIDOGIRI CABANG PAMEKASAN
ABSTRAK
Sadatun Nisa’, 2020, Strategi Pemasaran Word Of Mouth dalam Meningkatkan
Jumlah Anggota Pengguna Pembiayaan Produk Kendaraan Bermotor Barokah
(KBB) di BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan, Skripsi, Program Studi
Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura
Pembimbing: Dr. H. Zainal Abidin, M.EI
Kata kunci: Strategi Pemasaran Word Of Mouth, Pembiayaan Kendaraan
Bermotor
Di Indonesia telah berkembang pesat lembaga keuangan berskala mikro
dan makro, baik yang berbasis Syariah ataupun Konvensional, salah satu lembaga
mikro yang banyak dikenal masyarakat adalah lembaga keuangan BMT UGT
Sidogiri Cabang Pamekasan sebagai penyedia layanan penghimpun dan penyalur
dana, salah satunya yaitu Pembiayaan Kendaraan Bermotor Barokah (KBB),
peneliti memiliki ketertarikan untuk mengentahui lebih dalam tentang strategi
pemasaran word of mouth yang di lakukan untuk meningkat jumlah anggota yang
mana dalam setiap lembaga khususnya BMT UGT Sidogiri memiliki strategi yang
berbeda.
Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitian ini yang pertama yaitu
bagaimana strategi pemasaran word of mouth pada produk pembiayaan kendaraan
bermotor barokah (KBB) di BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan, kedua
bagaimana peningkatan jumlah anggota yang menggunakan produk pembiayaan
kendaraan bermotor barokah (KBB) di BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif
yang mana sumber data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan
dokumentasi dari beberaoa inform seperti karyawan dan anggota, sedangkan
untuk pengecekan data dan kekuatan pengamatan melalui triangulasi uraian rinci.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran word of mouth
yang dilakukan BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan melibatkan anggotanya
untuk merekomendasikan produk dan jasa, dan memberikan Reward kepada
anggota yang berhasil mengajak anggota baru. Sedangkan untuk peningkatan
anggota yaitu selalu ada peningkatan anggota dari tahun ke tahun. Karena banyak
anggota yang kurang mampu untuk membeli secara cash.
Tidak tersedia versi lain