Text
STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN MABRUR DI BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PAMEKASAN
ABSTRAK
Singgih Ibnu Surya, 2020. Strategi Pemasaran Produk Tabungan Mabrur di Bank
Syariah Mandiri Kantor Cabang Pamekasan. Skripsi, Program Studi
Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, (IAIN)
Madura. Pembimbing: Dr. H. Nashar, S.E., MM., M.Si
Kata Kunci: Strategi Pemasaran dan Tabungan Mabrur
Semakin tumbuh dan berkembangnya perbankan syariah di Indonesia akan
mendorong pihak bank untuk selalu mengoptimalkan kegiatan pemasarannya.
Usaha yang dilakukan Bank Syariah Mandiri (BSM) dalam menghadapi
persaingan adalah dengan menyediakan produk dan jasa yang dapat memenuhi
kebutuhan masyarakat, salah satunya dengan menyediakan produk tabungan
mabrur BSM, oleh karena itu, Bank Syariah Mandiri menetapkan strategi
pemasaran untuk menjual produknya yang tujuannya adalah mencapai tujuan bank
yakni menjaring masyarakat untuk hijrah menginvestasikan dananya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran
produk tabungan mabrur di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pamekasan dan
apa saja faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat terhadap produk
tabungan mabrur di Bank Syariah Mandiri kantor Cabang Pamekasan. Penelitian
ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dengan sumber data primer dan data sekunder dan
pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang
dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri menggunakan bauran pemasaran yang
mengandung unsur 9P yaitu produk yang digunakan Bank Syariah Mandiri dalam
menampilkan mutu dari produk tabungan mabrur tersebut sehingga dapat
memenuhi kebutuhan dan keinginan segmen pasar, sedangkan dari harga harga
yang ringan pada produk tabungan mabrur berdasarkan dengan keadaan dan
kemampuan nasabah yaitu sebesar Rp. 100.000,- untuk setoran awal. Untuk lokasi
Bank Syariah Mandiri Jl. KH. Agus Salim No. 3A Pamekasan terletak di lokasi
yang sangat strategis bertempat dengan perkotaan. Sedangkan promosi yang
dilakukan Bank Syariah Mandiri dalam mempromosikan produk tabungan mabrur
periklanan, publisitas, dan penjualan pribadi. Sedangkan Manusia ini Bank
Syariah Mandiri menerapkan dengan cara menugaskan karyawan untuk penarikan
tabungan haji dan umroh setiap harinya. Sedangkan proses yang di berikan untuk
meningkatkan kualitas pelayanan sebab apabila pelayanan yang diberikan dapat
memuaskan nasabah maka akan dapat meningkatkan perkembangan produk
tabungan mabrur. Sedangkan Bukti fisik berupa legalitas ini menjadi salah satu
faktor unggulan dalam mengembangkan produk dan menarik nasabah. Janji
karyawan Bank Syariah Mandiri selalu menjaga janji yang diberikan kepada
nasabah, selalu menjaga tanggung jawab karena kepercayaan nasabah hal utama
bagi karyawan. Kesabaran pada karyawan Bank Syariah Mandiri Selalu sabar
dalam mendengarkan para nasabah dan sabar melayani yang baik.
Tidak tersedia versi lain