Text
STRATEGI SEGMENTASI, PENENTUAN TARGET, DAN POSISI PASAR PADA PRODUK SIMPANAN LEBARAN (SABAR) DI BAITUL MAL WA TAMWIL NUANSA UMAT KANTOR CABANG GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Hotijah 2019, Strategi Segmentasi Penentuan Target dan Posisi Pasar pada
Produk Simpanan Lebaran (SABAR) BMT NU Kantor Cabang Galis
Pamekasan. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Islam, Pembimbing Farid Firmansyah, MM.
Kata Kunci: Segmentasi, Penentuan Target, dan Penentuan Posisi Pasar
Suatu lembaga keuangan syariah (Baitul Mal Wa Tamwil) dapat dikatakan
berhasil jika mampu mengembangkan produk usaha yang dimilikinya agar dapat
memenuhi kebutuhan para konsumen secara tepat dan menciptakan produk yang
bermanfaat dengan biaya yang murah dan dengan cara yang mudah. Seperti yang
telah diketahui bahwa pasar untuk suatu produk itu sangat luas dan penuh dengan
persaingan, untuk memenangkan persaingan tersebut maka lembaga keuangan
syariah harus menyusun strategi segmentasi, penentuan target pasar, dan posisi
pasar yang tepat agar konsumen tertarik dngan produk yang diawarkan. Dalam
penelitian ini, ada dua fokus yang menjadi kajian pokok dalam penenlitian ini
yaitu: pertama, bagaimana strategi segmentasi, penentuan target dan posisi pasar
yang dilaksanakan oleh Baitul Mal Wa Tamwil Nuansa Umat Galis Pamekasan
pada produk simpanan lebaran, kedua yaitu bagaimana perkembangan jumlah
anggota simpanan lebaran Baitul Mal Wa Tamwil Nuansa Umat Galis setelah
strategi segmentasi, penentuan target, dan posisi pasar dilaksanakan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data yang diperoleh yaitu melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala cabang, juru tabungan,
dan anggota simpanan lebaran. Kemudian sumber data tersebut dianalisis untuk
mencapai tujuan akhir melalui beberapa tahapan yang sudah ditentukan.
Baitul Mal Wa Tamwil Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan memiliki
beberapa produk tabungan, yakni setiap tabungan memiliki segmentasi pasar
tersendiri. Sedangkan untuk produk simpanan lebaran lebih disegmentasikan
kepada calon anggota yang tinggal di kecamatan larangan, kecamatan galis, dan
kecamatan pademawu. Selain itu juga disegmentasikan kepada calon anggota
yang berprofesi sebagai pedagang dan ibu rumah tangga.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: variabel
segmentasi produk simpanan lebaran yang digunakan oleh Baitul Mal Wa Tamwil
Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan adalah segmentasi geografis, dan
segmentasi demografis. Sedangkan untuk penentuan target pasarnya
menggunakan strategi pemasaran cakupan pasar dengan pembedaan, dan untuk
penentuan posisi pasarnya, Baitul Mal Wa Tamwil Nuansa Umat Cabang Galis
Pamekasan lebih menggunakan atas dasar atribut dan kesempatan penggunaan.
Sehingga, setelah strategi STP tersebut terlaksana, produk SABAR setiap
tahunnya mengalami jumlah peningkatan anggota. Dari kesimpulan tersebut,
maka disarankan kepada pihak kantor untuk lebih berhai-hati dalam menentukan
target pasarnya agar target yang sudah ditentukan dapat menguntungkan pagi
kantor sendiri.
Tidak tersedia versi lain