Text
MOTIVASI KONSUMEN DALAM PEMILIHAN TEMPAT BELANJA DI TOKO BASMALAH CABNG TLANAKAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Violita Nanda Pratiwi, 2020, Motivasi Konsumen dalam Pemilihan Tempat
Belanja di Toko Basmalah Cabang Tlanakan Pamekasan, Skripsi,
Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,
IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Nashar. MM., M.Si.
Kata Kunci: Motivasi, Konsumen, Tempat Belanja
Perkembangan teknologi di era globalisasi faktanya tidak dapat dipungkiri
bahwa hal tersebut berdampak pada segala kehidupan termasuk pola konsumsi
masyarakat. Kosumen pada saat ini mulai memperhatikan tentang keefisiensian
dan keefektifan dalam berbelanja sehingga akibat dari dampak tersebut telah
banyak bermunculan pasar modern yang menyediakan kebutuhan manusia mulai
dari kebutuhan primer, sekunder, hingga tersier dalam satu tempat. Pasar modern
yang ada kini telah mengglobal (mendunia) untuk berupaya bersaing dalam
membuat konsumen tertarik untuk berbelanja, salah satu pasar modern yang
menyediakan kebutuhan manusia tersebut yaitu toko basmalah. Toko Basmalah
merupakan salah satu unit usaha dari koperasi Pondok Pesantren Sidogiri yang
bergerak dibidang usaha ritel. Toko ini banyak diminati para konsumen sebagai
tempat berbelanja karena di toko basmalah ini barangnya lengkap, harganya
terjangkau, berkualitas serta fasilitasnya nyaman dan bersih sehingga masyarakat
memiliki daya tarik untuk memilih toko basmalah sebagai tempat berbelanja.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informannya adalah pimpinan, kasir, karyawan, dan beberapa konsumen Toko
Basmalah Cabang Tlanakan. Sedangkan pengecekan keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi (gabungan) dengan menggabungkan data yang
diperoleh dari metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah Memotivasi seseorang untuk mendapatkan
sesuatu yang dibutuhkan tidak lain untuk keperluan sehari-hari di mana
diterangkan dalam teori motivasi yang paling terkenal adalah teori hirarki
kebutuhan dari Abraham Maslow menyatakan pada diri manusia pasti
membutuhkan rasa lapar, haus, butuh perlindungan (pakaian dan perumahan) dan
kebutuhan lainnya. Berbelanja di toko basmalah yaitu untuk memenuhi kebutuhan
baik dari segi makanan, minuman, pakaian dan sebagainya. Peran perilaku
konsumen sangat penting dalam melakukan konsumsi untuk memenuhi kebutuhan
yang diperlukan. Seorang muslim dalam melakukan konsumsi lebih
mempertimbangkan maslahah dari pada utilitas biasa. Maslahah berarti dari kata
salaha yang berarti baik. Berdasarkan persepektif ekonomi islam dalamberbelanja
yaitu membelanjakan harta dalam kebaikan dan menjauhi sifat kikir, tidak
melakukan kemubaziran, tidak hidup mewah dan boros, dan mementingkan
kehendak sosial dibandingkan yang bersifat pribadi. Jadi, Konsumen lebih
termotivasi untuk berbelanja di Pasar Modern (Toko Basmalah) dari pada Pasar
Tradisional. Hal ini dikarenakan di Toko Basmalah barangnya lebih lengkap,
berkualitas, serta harganya terjangkau dan fasilitasnya lebih nyaman. Sehingga
membuat konsumen lebih tertarik untuk berbelanja di pasar modern (Toko
Basmalah).
Tidak tersedia versi lain