Text
STRATEGI MARKETING MIX PRODUK PEMBIAYAAN RAHN TASJILY TANAH DI PEGADAIAN SYARIAH JOKOTOLE KANTOR CABANG PAMEKASAN
ABSTRAK
Evi Selviana, 2020, Strategi Marketing Mix Produk Pembiayaan Rahn Tasjily
Tanah Di Pegadaian Syariah Jokotole Kantor Cabang Pamekasan, Skripsi,
Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,
Dosen Pembimbing Dr. H. Rudy Haryanto, SST. MM.
Kata Kunci: Strategi Marketing Mix, Rahn Tasjily Tanah
Marketing Mix merupakan seperangkat alat yang digunakan oleh pemasar
dalam memasarkan produknya agar memperoleh tujuan yang ingin dicapai serta
keberhasilan dalam perusahaan. Adapun pembiayaan Rahn Tasjily Tanah
merupakan pembiayaan berbasis gadai dimana penguasaan dan pemanfatan barang
tetap berada dalam penguasaan nasabah dan nasabah hanya menyerahkan bukti
kepemilikan barang saja kepada pihak lembaga tertentu.
Fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitun ini ynitu:
Bagaimana Strategi Marketing Mix Produk Pembiayaan Rahn Tasjily Tanah di
Pegadaian Syariah Jokotole Kantor Cabang Pamekasan. Tujuan penelitian ini yaitu
untuk mengetahui Bagaimana Strategi Marketing Mix Produk Pembiayaan Rahn
Tasjily Tanah di Pegadaian Syariah Jokotole Kantor Cabang Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data
deskriptif dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan informan dalam penelitian ini
adalah pimpinan dan para karyawan serta nasabah rahn tasjily tanah di Pegadaian
Syariah Jokotole Pamekasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Strategi Marketing Mix Produk
Pembiayaan Rahn Tasjily Tanah di Pegadaian Syariah Jokotole Kantor Cabang
Pamekasan dilakukan dengan cara yang sudah tersusun dengan baik agar
memudahkan dalam pemasaran produknya. Marketing mix 7p yaitu produk, price,
place, promotion, people, process, physical evidence. Strategi tersebut penting
digunakan karena sangat efektif dan efisien dalam kegiatan pemasaran. Dimana
kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh Pegadaian Syariah Jokotole dengan
bersosialisasi kepada masayarakat, literasi, door to door, dan open table. Ini
dilakukan agar menawarkan produknya berjalan sesuai dengan perencaan yang
diinginkan pemasaran pertama kali yang dilakukan yaitu sebar brosur dimana
angsurannya beragam promosi yang menarik nasabah, lokasi yang strategis,
pelayanan yang terbaik dengan membedakan penetapan kinerja karyawan sesuai
dengan keahliannya agar tercipta suatu kinerja yang terampil dan bagus, serta
menyediakan bukti fisik berupa fasilitas dan lahan parkir yang memadai.
Persaingan yang semakin banyak dan tekhnologi yang berkembang maka
Marketing Mix yang optimal sangat diperuntukkan karena akan memudahkan
nasabah dan menarik minat nasabah dalam menggunakan produk tersebut demi
keberhasilan Pegadaian Syariah Jokotole Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain