Text
PERAN ACCOUNT OFFICER (AO) DALAM UPAYA MENINGKATKAN LOYALITAS ANGGOTA DI KOPERASI SIMPAN PINJAM SYARIAH (KSPPS) BMT NU CABANG TLANAKAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Moh. Alfin Fahridzi Wahid, 2020, Peran Account Officer dalam Upaya
Meningkatkan Loyalitas Anggota di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan
Syariah (KSPPS) BMT NU Cabang Tlanakan Pamekasan, Skripsi, Program
Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN
MADURA, Pembimbing: Suaidi, S.H.I., M.Si
Kata Kunci: Peran Account Officer, Meningkatkan Loyalitas Anggota.
Di Indonesia telah berkembang pesat lembaga keuangan berskala mikro
dan makro, baik yang berbasis Syariah ataupun konvensional, salah satu
lembaga mikro yang banyak dikenal masyarakat adalah lembaga keuangan
BMT NU Cabang Tlanakan sebagai penyedian layanan penghimpun dana dan
penyalur dana, salah satunya yaitu merupakan tugas utama dari seorang
Account Officer yang memberikan pelayanan tersebut, peneliti memiliki
ketertarikan untuk mengetahui lebih dalam tentang peran Acount Officer
dalam upaya meningkatkan Loyalitas Anggotanya baik secara umum atau
secara khusus yang mana dalam setiap lembaga khususnya BMT NU Jawa
Timur memiliki prinsip yang berbeda dalam memberikan pelayanannya.
Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitian ini adalah. Pertama:
Bagaimana peran Account Officer dalam upaya meningkatkan loyalitas
anggota di (KSPPS) BMT NU cabang tlanakan pamekasan. Kedua: Bagaiman
langkah-langkah Account Officer dalam upaya meningkatkan loyalitas
anggota di (KSPPS) BMT NU cabang tlanakan pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif
yang mana sumber data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan
dokumentasi dari beberapa informan seperti karyawan dan anggota,
sedangkan untuk pengecekan dan kekuatan pengamatan melalui triangulasi
uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Pertama, Peran Account Officer
dalam upaya meningkatkan loyalitas anggota di (KSPPS) BMT NU Cabang
Tlanakan Pamekasan yaitu perannya mengelola Account, mengelola produk,
mengelola pembiayaan, mengelola penjualan, mengelola Profitability. Jadi,
Account Officer harus bisa menguasai semua pengelolaan yang ada di BMT
NU Cabang Tlanakan untuk meningkatkan loyalitas anggota. Kedua,
Langkah-langkah Account Officer dalam upaya meningkatkan loyalitas
anggota di (KSPPS) BMT NU Cabang Tlanakan Pamekasan yaitu dengan
cara memberikan Service Exellence, proses cepat, No riba, layanan antar
jemput bola, bertanggung jawab, komunikasi dan kejujuran sehingga anggota
akan merasa nyaman dan aman saat melakukan pembiayaan dan bisa
memberikan kepercayaan kepada anggota. Account Officer merupakan ujung
tombak dalam meningkatkan loyalitas anggotanya
Tidak tersedia versi lain