Text
PENGARUH ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR), PROFITABILITAS (ROA), DAN LEVERAGE (DAR) TERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENT (ERC) PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE TAHUN 2017-2018
ABSTRAK
Agustine Syafitri, 2020, Pengaruh Islamic Social Reporting (ISR), Profitabilitas
(ROA), dan Leverage (DAR) Terhadap Earning Response Coefficient (ERC) Pada
Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode Tahun 2017-
2018, Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Madura, Jurusan Ekonomi dan Bisnis
Islam, Program Studi Akuntansi Syariah (AS), Pembimbing H. Wadhan, SE.
M.Si.
Kata Kunci: Islamic Social Reporting (ISR), Profitabilitas (ROA), Leverage
(DAR) Earning Response Coefficient (ERC).
Perkembangan zaman semakin menuntut perbaikan mutu hidup sejalan
dengan kebutuhan masyarakat yang terus meningkat dari segi konsumsi dan
produksi baik berupa barang maupun jasa, sampai pada kebutuhan investasinya.
Masyarakat indonesia mulai melirik pasar modal sebagai sarana investasi yang
menjanjikan. Seiring berkembangnya pasar modal di dalam ekonomi islam
menjadi warna baru tersendiri bagi masyarakat Indonesia terutama yang beragama
Islam. Pasar modal syariah memiliki andil yang cukup besar dalam meningkatkan
pangsa pasar perusahaan berbasis syariah tentunya akan memberikan informasi
yang berkaitan dengan kesyariahan perusahaan seperti informasi yang
menggambarkan bahwa sebuah perusahaan dapat memberikan kontribusi bagi
pembangunan ekonomi berkelanjutan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan dengan jumlah
sampel sebanyak 36 data. Metode analisis dalam penelitian ini yaitu uji normalitas
data, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, uji regresi
linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi
Penelitian ini menunjukkan bahwa Uji uji – X1 Islamic Social Reporting
(ISR) diperoleh thitung sebesar 3.129 dengan nilai signifikansi 0,004 dan ttabel
sebesar 1.68830. Karena 3.129 > 1.68830 dan nilai signifikansi 0,004 < 0,05,
sehingga Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa Islamic Social Reporting
(ISR) berpengaruh signifikan terhadap Earning Response Coefficient (ERC) pada
perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2017-2018.
Variabel X2 Rasio Profitabilitas (ROA) diperoleh thitung sebesar 2.915 dengan nilai
signifikansi 0,006 dan ttabel sebesar 1.68830. Karena 2.915 > 1.68830 dan nilai
signifikansi 0,006 < 0,05, sehingga Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa
Rasio Profitabilitas berpengaruh dan tidak signifikan terhadap terhadap Earning
Response Coefficient (ERC) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic
Index (JII) periode 2017-2018. Variabel X3 Rasio Leverage (DAR) diperoleh
thitung sebesar 2,796 dengan nilai signifikansi 0,009 dan ttabel sebesar 1.68830.
Karena 2.796 > 1.68830 dan nilai signifikansi 0,009 < 0,05, sehingga Ha diterima.
Maka dapat disimpulkan bahwa Rasio Leverage berpengaruh dan tidak signifikan
terhadap Earning Response Coefficient (ERC) pada perusahaan yang terdaftar di
Jakarta Islamic Index (JII) periode 2017-2018. besarnya R Square yaitu 0,484
atau 48,4%
Tidak tersedia versi lain