Text
STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING MELALUI ANALISIS SWOT DI KJKS DARUL JIHAD CENDANA KECAMATAN KADUR KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Mega Mustika Rini, Strategi Peningkatan Daya Saing Melalui Analisis SWOT KJKS Darul
Jihad Cendana Kadur Pamekasan, 2020, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan
Ekonomi Dan Bisnis Islam. Pembimbing : Fahrurrozi, MEI
Kata Kunci : SWOT, Strategi, Daya Saing
Salah satu perusahaan yang tidak bisa lepas dari persaingan adalah lembaga keuangan.
baik Bank, Koperasi dan lembaga keuangan lainnya. Lembaga keuangan adalah setiap
perusahaan yang bergerak dibidang keuangan, menghimpun dana, menyalurkan dana atau
kedua-duanya. Dengan adanya beberapa jenis lembaga keuangan dan semakin banyaknya
jumlah koperasi yang ada di Kabupaten Pamekasan maka akan berakibat pada persaingan
yang sangat ketat antar lembaga keuangan. Untuk menghadapi persaingan tersebut
dibutuhkan strategi yang tepat.
Berdasarkan hal terseut maka yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini
adalah pertama: Apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada
KJKS Darul Jihad Cendana Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan, kedua: Strategi seperti
apa yang bisa diterapkan oleh KJKS Darul Jihad Cendana Kecamatan Kadur Kabupaten
Pamekasan dalam meningkatkan daya saing usahanya.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data yang diperoleh melalui
wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah pihak KJKS Darul Jihad
Cendana Kadur Pamekasan.
Hasil dari penelitian ini adalah strategi-strategi alternatif yang bisa diterapkan oleh
KJKS Darul Jihad Cendana diantaranya: Strategi SO yaitu meningkatkan dan menjaga ikatan
yang sudah terjalin dengan Pondok Pesantren, meningkatkan dan menggencarkan kegiatan
promosi, menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten
Pamekasan dan seluruh Madura, strategi ST yaitu Menentukan harga yang lebih kompettif,
melakukan sosialisasi dan edukasi tentang keberadaan Koperasi Syariah Darul Jihad
Cendana, strategi WO yaitu menambah jumlah produk yang ditawarkan kepada anggota atau
masyarakat luas. menambah atau membuka kantor cabang yang baru serta pengembangan
tekhnologi aplikasi untuk memperoleh market share yang lebih besar, melakukan perekrutan
untuk menambah SDM divisi pemasaran, mengadakan pelatihan-pelatihan rutin kepada tim
pemasaran untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian. strategi WT yaitu meningkatkan
kualitas SDM, merenovasi interior dan eksterior kantor agar nasabah merasa lebih nyaman,
mengembangkan aplikasi android agar bisa memudahkan nasabah atau anggota dalam
bertransaksi.
Tidak tersedia versi lain