Text
ANALISIS BRAND IMAGE PRODUK SARUNG ABU ULFA MELALUI FREFRENSI KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF MARKETING SYARI'AH ( STUDI KASUS SARUNG MEREK ABU ULFA KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN SAMPANG )
ABSTRAK
Lilis Haryati, 2020, Analisis Brand Image Produk Sarung Abu Ulfa Melalui
Preferensi Konsumen dalam Perspektif Marketing Syari’ah (Studi Kasus Sarung
Merek Abu Ulfa Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang), Skripsi, Program
Studi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura,
Pembimbing: Fahrurrozi, M.E.I.
Kata Kunci: Brand Image, Preferensi Konsumen, Marketing Syari’ah
Merek mempunyai arti sangat penting pada sebuah produk, merek bukan saja
identitas suatu produk, namun memberikan image dan daya jual suatu produk.
Seperti halnya Sarung yang merupakan salah satu pakaian bangsa Indonesia yang
masih eksis hingga kini. Atributnya sangat penting oleh budaya masyarakat
Indonesi, sama halnyadengan Sarung merek Abu Ulfa ini sama dengan produk
Sarung lain yang di produksi ditempat yang sama. Namun masyarakat lebih
preferen (suka) membeli Sarung dengan merek Abu Ulfa.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana brand image produk
sarung Abu Ulfa melalui preferensi konsumen; kedua, bagaimana brand image
produk sarung Abu Ulfa melalui preferensi konsumen dalam perspektif marketing
syariah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Informan yang
digunakan adalah pemilik Abu Ulfa, karyawan di Abu Ulfa, dan konsumen
Sarung Abu Ulfa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan kehadiran peneliti, ketekunan, kecukupan referensi, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, ada hal yang menarik dari
produk Sarung merek Abu Ulfa ini, sehingga masyarakat banyak yang tertarik
dari semua kalangan. Hal yang paling menarik dari Produk Sarung merek Abu
ulfa adalah produk asli buatan dari Kabupaten Sampang Madura. Harga dari
Sarung merek Abu Ulfa juga sangat terjangkau, dan ini mempermudah dari
berbagai kalangan untuk dapat membeli dan menggunakannya, dengan cakupan
berbagai kalangan ini menjadikan Sarung merek Abu Ulfa semakin diminati oleh
masyarakat Sampang. Kedua, dalam melakukan penjualan Sarung Abu Ulfa
kepada konsumen, karyawan Abu Ulfa juga mengimplementasikan aktifitas
ramah dan jujur dalam melayani konsumen. Abu Ulfa juga bertanggung jawab
jika ada kesalahan atau cacat dari sarung yang dijual tersebut. Sebab jika tidak
dengan menerapkan kejujuran, kesopanan, ramah, dan baik sesuai dengan syariah
Islam, maka konsumen akan merasa kecewa bahkan konsumen tidak kembali lagi
untuk menjadi pelanggan. Pemasaran yang dilakukan Abu Ulfa selama ini juga
sudah termasuk dengan Marketing Syariah.
Tidak tersedia versi lain