Text
STRATEGI MARKETING TABUNGAN SIAGA DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA DI KSPPS BMT NU CABANG GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Rustantina, 2020 “Strategi Marketing Tabungan SIAGA Dalam Upaya
Meningkatkan Jumlah Anggota di KSPPS BMT NU Cabang Galis Pamekasan”,
Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,
Pembimbing Moch. Cholid Wardi, M.H.I
Kata Kunci: Strategi Marketing, Tabungan SIAGA
KSPPS BMT NU Cabang Galis merupakan lembaga keuangan syariah
yang menyidiakan berbagai produk simpanan dan pembiayaan. Salah satu produk
simpanan di KSPPS BMT NU Cabang Galis adalah Tabungan SIAGA. Tabungan
SIAGA adalah Tabungan yang di sediakan bagi Calon anggota yang berminat
menabung sekaligus menjadi pemilik saham di KSPPS BMT NU Cabang Galis
dengan bagi hasil sbesar 70%.
Tabungan SIAGA ini merupakan tabungan pokok di KSPPS BMT NU
Cabang Galis, dengan demikian maka perlu menerapkan strategi pemasaran yang
tepat agar supaya produk tabungan SIAGA bisa diminati oleh masyarakat dan
tidak kalah bersaing dengan lembaga keuangan lainnya. Tujuan dari penelitian ini
yaitu: pertama, untuk mengetahui strategi pemasaran pada produk tabungan
SIAGA si KSPPS BMT NU Cabang Galis Pamekasan. Kedua untuk mengetahui
apa saja hambatan-hambatan yang di alami oleh KSPPS BMT NU Cabang Galis
dalam menerapkan strategi pemasaran pada produk tabungan SIAGA, ketiga
solusi yang dilakukan oleh KSPPS BMT NU Cabang Galis Pamekasan dalam
menghadapi hambatan-hambatan tersebut.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
diskriptif yaitu data yang di kumpulkan berupa kata-kata bukan angka-angka.
Sumber data yang di gunakan adalah sumber data primer dan sekunder dengan
prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu, marketing funding dan
kepala cabang dan Anggota tabungan SIAGA KSPPS BMT NU Cabang Galis
Pamekasan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran tabungan
SIAGA di KSPPS BMT NU Cabang Galis Pamekasan yaitu dengan cara
penyebaran brosur, Banner, internet seperti media sosial (facebook, whatsaap)
dan marketing datang langsung ke lapangan dengan menjelaskan kepada
masyarakat tentang tabungan ini, serta juga mendatangi kelopok koloman atau
muslimatan dan melakukan sosialisasi di sana. Selain dari strategi yang telah
disebutkan KSPPS BMT NU Cabang Galis juga menerapkan segmentasi pasar,
dan posisi pasar serta juga menerapkan Strategi bauran pemasaran (marketing
mix) 4P yang meliputi, produck, place, price, promotion,Adapun hambatan yang
dialami oleh KSPPS BMT NU Cabang Galis Pamkasan yaitu, karena banyaknya
pesaing, kurangnya kesadaran dari masayarkat untuk menabung, dan kurangnya
inovasi untuk produk di KSPPS BMT NU Cabang Galis. Adapun juga solusi yang
di lakukan oleh KSPPS BMT NU Cabang Galis men ciptakan inovasi baru seperti
memberikan reward kepada penabung, agar mampu bersaing dengan lembaga
keuangan lainnya, membagi waktu marketing untuk memasarkan produk
tabungan SIAGA di sini agar masyarakat mengetahui keberadaanya.
Tidak tersedia versi lain