Text
SERVICE EXCELLENCE DALAM PENGUATAN LOYALITAS NASABAH PADA PRODUK TABAH DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SARIAH (KSPPS) BAITUL MAAL WAT TMWIL NUANSA UMAT (BMT NU) CABANG GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Alfi Kamilia, 20160703020024, Service Excellece Dalam Penguatan Loyalitas
Nasabah Pada Produk Tabah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah
(KSPPS) Baitul Maal Wat Tamwil Nuansa Umat (BMT NU) Cabang Galis
Pamekasan, Skripsi, Jurusan Perbankan Syari’ah, IAIN Madura, Pembimbing
H.Wadhan, SE. M.Si.
Kata Kunci : Service Excellence, Loyalitas Nasbah Pada Produk Tabah
Pelayanan prima merupakan pelayanan yang berorientasi pada pemenuhan
tuntutan pelanggan mengenai kualitas produk (barang atau jasa) sebaik-baiknya.
Melalui pelayanan prima perusahaan dapat menarik pelanggan baru dan
perusahaan dapat mempertahankan pelanggan lama. Konsep kualitas layanan
prima telah menjadi faktor yang sangat dominan terhadap keberhasilan suatu
organisasi. Konsep pelayanan prima diantaranya: Konsep Ability, Attitude,
Appearance, Attention, Action, dan Accountability. Kepuasan pelanggan juga
merupakan faktor pendorong utama bagi loyalitas nasabah. Loyalitas nasabah
merupakan dorongan perilaku untuk melakukan pembelian secara berulang-ulang
dan untuk membangun kesetiaan pelanggan terhadap suatu produk atau jasa yang
ditawarkan oleh bank. Terdapat dua permasalahan yang menjadi fokus dalam
penelitian ini. Pertama, bagaimana penerapan Service Excellence dalam
mempertahankan loyalitas nasabah pada produk tabah di KSPP Syariah BMT NU
Cabang Galis. Kedua, bagaimana tanggapan nasabah terhadap penerapan Service
Excellence di KSPP Syariah BMT NU Cabang Galis.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan datanya dengan cara, penelitian lapangan, sedangkan alat yang
digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data yang dipergunakan adalah analisis data yang bersifat
kualitatif. Narasumbernya adalah kepala cabang, admin, juru tabungan, dan
nasabah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KSPP Syariah BMT NU Cabang
Galis memberikan tiga pelayanan yaitu pelayanan di kantor, online dan sistem
antar jemput tabungan atau jemput bola. Pelayanan sistem antar jemput tabungan
disini paling berpengaruh terhadap kepuasan nasabah sehingga nasabah akan terus
loyal pada KSPP Syariah BMT NU Cabang Galis. Produk tabungan TABAH
merupakan produk yang paling banyak diminati oleh para nasabah di KSPP
Syariah BMT NU Cabang Galis karena sistem pelayananya sangat baik, serta
persyaratannya mudah. produk TABAH ini bisa diambil kapan saja sehingga
banyak nasabah yang lebih tertarik menggunakan produk tabah di KSPP Syariah
BMT Cabang Galis. Tanggapan nasabah terhadap penerapan service excellence,
cenderung merasa sangat puas akan pelayanan yang diberikan oleh KSPP Syariah
BMT NU Cabang Galis karena pelayanannya sangat baik, ramah, sopan, dan
cepat tanggap dalam melakukan transaksi.
Tidak tersedia versi lain