Text
PENGARUH MARKETING MIX DAN PENGETAHUAN NASABAH TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN GADAI NON EMAS PADA BMT NU CABANG TANBELANGAN SAMPANG
ABSTRAK
Mahtufah, 2020, Pengaruh Marketing Mix dan Pengetahuan Nasabah terhadap
Minat Nasabah dalam Memilih Produk Pembiayaan Gadai Non Emas pada BMT
NU Cabang Tambelangan Sampang, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah,
Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura,
Pembimbing: Fatati Nuryana, M.Si.
Kata kunci: Marketing mix, Pengetahuan dan Minat nasabah
Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) adalah balai usaha mandiri terpadu yang
isinya berintikan Baitul Mal Wt Tamwil dengan kegiatan mengembangkan usahausaha produktif dan investasi dalam meningkatkan kualitas kegiatan ekonomi
pengusaha kecil bawah dan kecil dengan antara lain mendorong kegiatan
menabung dan menunjang pembiayaan kegiatan ekonominya. Tujuan penlitian ini
yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh marketing mix dan pengetahuan
nasabah baik secara parsial maupun simultan terhadap minat nasabah dalam
memilih produk pembiayaan gadai non emas pada BMT NU Cabang
Tambelangan Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis
regresi linear berganda. Jenis data yang digunakan adalah data Primer yaitu
dengan menggunakan kuisioner yang langsung diisi oleh seluruh nasabah BMT
NU Jawa Timur Cabang Tambelangan Sampang. Populasi penelitian ini adalah
nasabah BMT NU Jawa Timur Cabang Tambelangan Sampang dengan jumlah
responden 110 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Produk, lokasi, dan pengetahuan
memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat nasabah, sedangkan harga
dan promosi memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap minat nasabah . Hal
ini dapat dilihat dari persamaan regresi linear berganda Y = 14.475 + 0.188 (X1) +
0.023 (X2) + 0.163 (X3) + -0.752 (X4) + 0.807 (X5) degan uji t variabel produk
thitung = 2.218 > ttabel = 1.982 dan Sig. = 0.029 < 0.05, lokasi thitung = 2.743 > ttabel =
1.982 dan Sig. = 0.007 < 0.05 dan pengetahuan thitung = 5.399 > ttabel = 1.982 dan
Sig. = 0.000 < 0.05. Variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap minat
nasabah dengan thitung = 0.426 < ttabel = 1.982, disebabkan harga atau tarif untuk
produk pembiayaan non emas tidak terlalu berbeda dengan harga di lembaga
pembiayaan gadai non emas yang lain sehingga nasabah tidak terlalu
memperhitungkan soal harga tersebut. promosi thitung = -6.474 < ttabel = -1.982 dan
Sig. = 0.000 < 0.05. Secara simultan marketing mix dan pengetahuan nasabah
memiliki pengaruh terhadap minat nasabah berdasarkan hasil uji F. Nilai Fhitung =
15.517 > Ftabel = 2.46 dan Sig. = 0.000 < 0.05. Dalam koefisien determinasi dilihat
dari R Square adalah 0,400 atau 40% artinya marketing mix dan pengetahuan
nasabah memiliki pengaruh sebesar 40% sisanya sebesar 60% (100%-40%=60%)
dijelaskan oleh faktor-faktor lainnya di luar model atau variabel lain yang belum
diteliti dalam penelitian ini. Berarti marketing mix dan pengetahuan nasabah tidak
berpengaruh besar terhadap minat nasabah. Hal ini dikarenakan ada variabel lain
atau ada faktor lain yang lebih besar pengaruhnya terhadap minta nsabah yaitu,
kualitas pelayanan, fasilitas dan pendapatan.
Tidak tersedia versi lain